16 September 2021
BENTARA HIKMAH
COVID-19

Bangkitnya Kesadaran Anak Bangsa Di Tengah Pandemi Covid 19

Setiap tanggal 20 Mei bangsa kita memperingati hari Kebangkitan Nasional, sebuah momentum untuk merefleksikan bagaimana usaha para pejuang pendahulu kita untuk menyatukan semua komponen yang ada sehingga menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang utuh, bersatu dan tidak tercabik-cabik oleh sekat suku, bangsa, bahasa dan agama. Suasana yang penuh dengan jiwa nasionalisme, persatuan dan kesatuan tersebut merupakan modal besar merajut tenun kebangsaan dalam rangka mencapai masa depan yang jauh lebih baik dan maju dengan tetap menjunjung nila-nilai ke-Indonesiaan sebagai jati diri bangsa. Suasana hari kebangkitan nasional tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya, semua orang sudah mafhum bahwa dalam situasi pandemi Covid 19 ini membuat semua komponen bangsa tidak  bisa melakukan kegiatan secara normal seperti biasanya. Kita semua berusaha supaya pendemi  ini segera berakhir dan tentu saja kita berharap bisa melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan normal seperti sediakala.

Momentum hari kebangkitan nasional seharusnya bisa kita jadikan pijakan sebagai langkah untuk menyadarkan semua komponen anak bangsa bahwa pandemi Covid 19 ini harus kita perangi bersama. Semangat kebangkitan nasional ini harus mampu membangkitkan semangat untuk tetap berjuang di tengah pandemi Covid 19 ini. Semangat kerjasama serta gotong-royong komponen anak bangsa harus menjadi pijakan kita bersama supaya pandemi ini lekas berakhir. Tanpa adanya kerjasama dan gotong-royong maka pandemi ini akan lama berakhirnya. Bangsa Indonesia yang mempunyai karakter yang tinggi saat ini sedang diuji, apakah bangsa ini mampu terus bekerja sama dan bergotong-royong ataukah bangsa ini akan terbelah karena masalah politik.

Perjuangan para pahlawan pendahulu kita jangan sampai kita khianati karena kita tidak bisa mengurus permasalahan bangsa ini, terlebih lagi masalah yang kita hadapi saat ini pandemi Covid 19. Semua komponen bangsa harus menghilangkan sikap ego masing-masing dan mengedepankan kerjasama kolaboratif untuk menyelesaikan pandemi ini. Permasalahan pandemi ini tidak bisa diselesaikan secara parsial tetapi harus diselesaikan secara holistik antar semua komponen anak bangsa. Sikap keteladanan para pimpinan bangsa ini harus menjadi corong dalam upaya menyelesaikan masalah pandemi Covid 19 ini. Sikap kenegarawanan merupakan suatu sikap yang harus ditunjukan oleh pemimpin bangsa ini sebagai sebuah sikap keteladanan bagi anak bangsa lainnya.

Pandemi Covid 19 ini harus mampu menyadarkan kita bagaimana musibah yang sedang dialami oleh bangsa ini harus kita selesaikan bersama. Kita sebagai bangsa yang besar harus mempunyai keyakinan bahwa pandemi ini bisa kita atasi bersama. Masyarakat juga harus membangkitkan kesadaran masing-masing bahwa kita semua harus sabar dalam mematuhi apa yang menjadi kebijakan pemerintah untuk menghentikan laju persebaran Covid 19. Sikap kita yang mau bersabar untuk tidak mudik, tidak berkerumun bersama, memakai masker ketika berada di luar merupakan salah satu sikap yang mampu membangkitkan semangat kebersamaan untuk menghentikan laju persebaran Covid 19.

Bangsa Indonesia sudah banyak belajar dari kurun waktu sebelumnya, dimulai dari masa penjajahan, kebangkitan dan kemerdekaan bahwa semua masalah yang dihadapi bangsa ini akan bisa diselesaikan apabila kita saling bersatu, bahu-membahu dan menghilangkan sikap ego kita masing-masing. Perjalanan panjang bangsa ini sudah memberikan pelajaran berharga bagi kita semua bahwa nilai persatuan dan kesatuan merupakan kunci untuk mewujudkan harapan dan cita-cita besar bangsa Indonesia. Kita harus sadar dan bangkit untuk tetap menaati protokol kesehatan yang sudah kita buat dan sepakati bersama, jangan sampai semua usaha yang kita lakukan akan menjadi sia-sia belaka akibat kita tidak bangkit dari kesadaran untuk tetap disiplin dan menaati kebijakan yang sudah diputuskan.

Mari kita bersama rajut tenun kebangsaan untuk segera menyelesaikan masalah pandemi Covid 19, semangat kebangkitan kolektif anak bangsa harus menjadi komando dan nahkoda untuk menghentikan virus ini. Kita harus mengibarkan keyakinan bahwa pandemi dan wabah virus ini akan mampu diselesaikan oleh bangsa ini. Seberat apapun masalahnya harus kita hadapi bersama. Jangan sampai kita mundur ke belakang. Sekali maju kedepan pantang mundur ke belakang.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA