Bantu Pasukan Kuning, BAZNAS Kota Yogyakarta dan PT. CPI Serahkan 10.000 Butir Telur

baznas kota bantuan telur

PT. Charoen Pokphand Indonesia (PT. CPI) dan BAZNAS Kota Yogyakarta menyerahkan bantuan telur ayam sebanyak 10.000 butir kepada Pasukan Kuning/Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Penyerahan bantun tersebut dilaksanakan di lantai dasar masjid P. Diponegoro Balaikota Yogyakarta.

Rusdianto, ST Staff PGA Area Jawa Tengah PT. CPI mengatakan bahwa menghadapi wabah Covid-19, semua pihak diharapkan ikut terlibat secara aktif  mencegahnya, tidak terkecuali dunia usaha. “Berbagai pihak diharapkan ikut memikul tanggung jawab menghadapi tantangan ini, terutama dampak ekonomi yang saat ini sangat terasa di masyarakat,” ujar Rusdianto saat menyerahkan bantuan seperti dikutip dari laman BAZNAS Kota Yogyakarta.

Ini merupakan bantuan kedua setelah sebelumnya PT. CPI telah menyerahkan lebih dari 25.000 butir bantuan melalui BAZNAS Kota Yogyakarta. Setiap minggu, lanjut Rusdianto, PT. CPI juga menyalurkan telur ayam untuk tenaga medis dan pasien Covid-19 di RSUD Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunungkidul dan RSUP dr. Sardjito.

Sementara itu, Kepala Dinas  Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ir. H. Suyana menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT. CPI dan BAZNAS Kota Yogyakarta.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya petugas kebersihan, ditengah suasana wabah Covid-19 mereka tetap berjibaku membersihkan sampah, sehingga diharapkan bantuan telur ayam yang diberikan akan sedikit membantu kebutuhan harian sekaligus meningkatkan protein untuk menjaga kebugaran tubuh,” ujar Suyana.

Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta, Drs. H. Syamsul Azhari mengatakan bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta merupakan lembaga pemerintah non stuktural yang diberikan amanah untuk mengelola zakat, infaq, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya (ZIS DSKL). Pengelolaan dilakukan dengan azas amanah, profesional dan transparan.

“Alhamdulillah, 9 tahun berturut-turut (2011 s/d 2019) pengelolaan ZIS DSKL BAZNAS Kota Yogyakarta telah di Audit Syariah oleh Kementerian Agama dan Audit Keuangan oleh Auditor Akuntan Publik dengan predikat tertinggi “Wajar/WTP”,” jelas Syamsul Azhari.

Lebih lanjut, Syamsul Azhari mengatakan, bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta terlibat secara aktif membantu Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menangani Covid-19. Berbagai program dilaksanakan meliputi pembagian 3.509 paket bahan makan, 38.980 telur ayam, 20.000 masker dan penyemprotan disinfektan di 238 lokasi.

Dilakukan pula pemberian santunan uang kepada ustadz/dzah, tausiyah Ramadhan melalui media TV, Radio dan Channel YouTube. “Dana yang dialokasikan untuk program tersebut sampai dengan saat ini lebih dari 1,5 milyar,” ujar Syamsul Azhari.

Saat ini BAZNAS Kota Yogyakarta telah meluncurkan program “Jogja Care Line Tanggap Covid-19” berupa layanan pengadaan pangan gratis sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan bagi warga Yogyakarta yang terdampak Covid-19.

Donasi masyarakat dapat berupa bahan makan, APD atau uang. Layanan yang memadukan basis kecepatan penerimaan bantuan dan ketepatan sasaran penerima bantuan didukung ketersediaan SDM yang handal dan media on line memberikan service 24 jam,“One Day One Service.” 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Close