25.2 C
Yogyakarta
1 Agustus 2021
BENTARA HIKMAH
COVID-19

Berolahraga di Rumah Saat Pandemi Covid-19

Oleh: Prof. Dr. H. Djoko Pekik Irianto, M.Kes. AIFO

Meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas merupakan  salah satu  upaya efektif untuk menangkal inveksi   virus Covid-19. Berolahraga adalah cara yang lazim dilakukan untuk mendapatkan daya tahan tubuh, namun dimasa Pandemi seperti sekarang ini kita tidak bisa sembarangan beraktivitas di luar rumah karena beresiko terinveksi Covid-19. Berikut adalah cara berolahraga dalam situasi Pandemi sekarang ini:

1. Berolahragalah  di sekitar rumah saja.

2. Pilih di ruang terbuka  Seperti  halaman, teras, kebun sekitar rumah,  lebih bagus lagi jika dilakukan  dipanas  matahari sekitar jam 10.00 pagi, hindari ruang tertutup & ber AC. (keterangan: virus tidak bertahan hidup di tempat panas, selain itu  sinar matahari/Ultra violet  daat merubah provitamin D menjadi Vitamin D yang meningkatakan imunitas)

3. Tetap kenakan masker, dan perlengkapan yang higienis.

4. Minum cukup selama berolahraga, setiap 15 menit  minum 1 gelas air

5. Mulailah dengan Joging bolak-balik di halaman rumah selama 5 menit, hingga detak jantung mencapai 60 % dari detak jantung maksimal, Contoh: usia anda 50 tahun berarti detak jantung harus mencapai 60 % X (220-50)=  102 detak permenit ( bisa raba di pergelangan tangan )

6. Lanjutkan Stretching /Penguluran selama 5 Menit.

7. Berlari agak cepat (sesuai kemampuan anda) meski hanya 5 -10 meter, kembali  berjalan ke tempat awal, berlarilah lagi, ulangi 15 sd 20 kali (sekitar 15 sd 20 menit) ATAU ganti dengan Lari Cepat di tempat ( Note: jangan lompat-lompat)

8. Jika rumah anda lantai bertingkat,  untuk point 7 boleh diganti  dengan naik turun tangga  rumah anda.
Keterangan : setelah latihan no 7 atau 8 pastikan jantung anda berdetak 70 % atau mencapai 70 % X (220-50)= 120 detak permenit.

9. Istirahatlah 2-3 menit, minum 1 gelas air.

10. Lanjutkan gerakan mengangkat/ mendorong, misalnya angkat kursi/ Pot / kerangjang, dumble  atau benda lainya (berat sesuai kemampuan anda ), bisa juga  Push up, Situp dan sejenisnya ( lakukan 10 ulangan, ulangi  3-4 Set).

11. Akhiri  dengan Stretching (3 menit).

Selamat Mencoba.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA