Bersama Kita Bangkit Melawan Wabah Virus Covid-19

43. Diki Saputra 1
Mari kita menjadi pahlawan bagi diri kita, keluarga dan kerabat kita dengan cara menaati anjuran pemerintah.

Di tahun ini tepatnya tahun 2020 Indonesia dan seluruh dunia sedang terkena bencana wabah corona (Covid-19).  Diman kita ketahui bencana bukan hanya alam, melainkan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Hal yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan berdampak psikologis. Kita tahu dampak yang terjadi adanya corona adalah lumpuhya berbagai sektor perdagangan, pertanian, bisnis, usaha dll.

Banyak dampak yang ditimbulkan dari tersebarnya virus COVID-19 ini. Salah satu upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus corona adalah menerapkan belajar di rumah, ibadah di rumah dan kerja di rumah atau Work From Home (WFH) bagi para pegawai negeri maupun swasta. Selain itu kita juga harus menjaga kebersihan diri dan juga kesehatan tubuh kita dengan cara berikut :

1. Menjaga Kesehatan dan Imun Tubuh

Di saat-saat seperti ini, pastikan kita benar-benar menjaga kesehatan. Jangan biarkan imun dalam tubuhmu menurun, karena virus akan mudah menyerang ketika imun menurun. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk jaga imun tubuh :

o       Perbanyak konsumsi sayur dan buah

o       Cukup Istirahat (Dewasa: 7-8 jam, Remaja: 9-10 jam)

o       Kelola stress, hindari rokok dan alkohol

o       Rutin berolahraga minimal 30 menit sehari, bisa dimulai dari berjalan kaki.

o       Minum air mineral minimal 1,5 liter per hari

2. Mencuci Tangan Yang Benar

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa cuci tangan merupakan cara yang ampuh untuk membunuh kuman atau virus yang ingin masuk ke dalam tubuh. Usahakan mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dengan sabun, minimal selama 20 detik. Jika kamu kesulitan mendapatkan air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dan tisu basah yang mengandung minimal 70% alkohol.

3. Terapkan Etika Ketika Bersin & Batuk

Tutup mulut dengan tisu jika kamu saat batuk & bersin. Jika kamu sedang tidak membawa tisu atau masker, kamu bisa menutup mulutmu dengan telapak tangan. Tapi, pastikan kita tidak menyentuh bagian muka atau bersentuhan dengan orang lain dan segeralah mencuci tangan hingga bersih. Hal ini dilakukan agar lingkungan kita tidak tertular

4. Menjaga Jarak (Social Distancing)

Ayo dukung keluarga, teman, kerabat dimulai dari diri kita sendiri untuk tidak berpergian kecuali benar-benar urgent

5. Gunakan Masker

Tidak ada yang lebih tahu tubuh kita kecuali diri kita sendiri. Jika kamu mulai merasa kurang enak badan seperti batuk-batuk dan bersin, pastikan kita memakai masker Apabila kita sedang berada di tempat umum. Ini merupakan pencegahan virus corona terpenting. Dan pastikan masker bekas kita pakai kita gunting agar tidak seorangpun dapat memakainya lagi.

Oleh karena itu kita bersama kita bangkit lawan virus ini, dan mari kita menjadi pahlawan bagi diri kita, keluarga dan kerabat kita dengan cara menaati anjuran pemerintah dalam penanganan bencana wabah virus corona (Covid -19) ini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Close