Ditulis oleh 1:38 pm COVID-19

Bersama Saling Menguatkan Melawan Covid-19

Mari jadikan musibah meluasnya pandemi virus corona sebagai momentum untuk memperkuat solidaritas sosial.

Sejumlah pakar dari berbagai perguruan tinggi memperhitungkan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia akan mulai mereda pada Juni hingga Juli mendatang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan, perhitungan tersebut seharusnya dijadikan optimisme sekaligus tantangan bagi seluruh masyarakat.

“Optimisme untuk meredakan wabah Covid-19 di bulan Juni Juli 2020 adalah tantangan kita bersama,” kata Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (3/5/2020). Yuri mengatakan, masyarakat menjadi kunci untuk merealisasikan perhitungan meredanya wabah Covid-19 ini. Masyarakat harus disiplin dalam hal apa pun, mulai dari disiplin mematuhi aturan untuk tetap di rumah, disiplin untuk tidak mudik, disiplin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta disiplin mengenakan masker. “Inilah senjata kita untuk berjuang memutuskan penularan Covid-19 ini,” kata Achmad Yurianto.

Perang melawan virus corona adalah arena perjuangan kemanusiaan, bukan arena politik maupun ekonomi. Kita kecam oknum dari unsur mana pun yang menjadikan bencana Covid-19 sebagai komoditas politik maupun komoditas ekonomi, seperti yang dilakukan oleh oknum yang tidak memiliki empati kemanusiaan dengan memanfaatkan kepanikan masyarakat. Mari belajar dari China dan Italia dalam perang melawan Covid-19. Ketika dihantam badai Covid-19, masyarakat China saling menguatkan patuh pada instruksi pihak otoritas dengan mengatakan “Wuhan, jiayou”, yang artinya “Wuhan, kamu pasti bisa”. Dan, setelah berhasil melokalisasi virus corona, masyarakat China khususnya Wuhan memberi penghormatan yang tulus kepada tenaga medis, petugas keamanan dan para relawan yang telah berjuang bersama dalam melawan virus corona. Mereka memberikan bermacam-macam hadiah dengan tulus.

Bagaimana dengan Italia dalam kondisi krisis pangan, krisis alat kesehatan, dan obat-obatan melawan corona? Mereka juga bersemangat dari rumahnya masing-masing menyanyikan lagu lagu heroik dan mengibarkan bendera negara lewat jendela rumahnya. Masyarakat Italia berusaha saling menguatkan dengan pemerintahnya sekaligus memberikan pesan pada dunia bahwa “Kami bersama pemerintah melawan virus corona”.

World Health Organization (WHO) sendiri telah menetapkan penyakit akibat virus ini sebagai pandemi global. Artinya, penularan dan ancamannya telah melampaui batas-batas antarnegara. Kewaspadaan berbagai negara dan masyarakat internasional pun semakin memuncak. Mari jadikan musibah meluasnya pandemi virus corona sebagai momentum untuk memperkuat solidaritas sosial sesama anak bangsa dalam menghadapi beragam bencana.

(Visited 28 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 20 Mei 2020
Close