Bersyukur Kunci Hidup Bahagia

WhatsApp Image 2019-10-11 at 14.55.23

Majelis Taklim Nusaibah, Yayasan Abdurrahman Baswedan menyelenggarkan pengajian dengan mengundang Ustadz Hilmi Firdausi, pada Jum’at, 11 Oktober 2019 siang, di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan, Perumahan Timoho Asri IV, No. B9c, Muja Muju, Yogyakarta.

Dalam pengajiannya, Ustad Hilmi Firdausi menyampaikan tema mengenai kunci-kunci kebahagiaan. Menurut Ibnu Abas RA, ada tujuh kunci yang agar kita mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Pertama, yakni bersyukur. Dengan hati yang bersyukur apapun yang kita dapatkan akan terasa nikmat. Orang yang pali mulia, bukanlah orang yang kaya, ganteng. Di depan Allah, orang yang paling mulia adalah orang yang bertakwa. “mau kaya sekaya apapun, mau cantik secantik apapun, tidak ada pengaruhnya dihadapan Allah SWT kecuali ketakwaan kita,” ujar Usatdz Hilmi.

Allah menguji manusia dengan dua macam, yakni kekayaan dan kemiskinan. Jika bisa memilih, kita pastinya ingin diuji dengan kekayaan. Tapi ternyata orang banyak lulus ujian saat mendapatkan kemiskinan. Orang yang diuji dengan kekayaan malah lebih banyak menemui kegagalan. “Padahal kekayaan itu enak, namun melenakan. Waktu miskin hidup prihatin, sehingga berdo’a terus meminta kepada Allah. Sholat tahajud tidak putus-putus. Tapi, ketika diberikan kekayaan, diangkat derajatnya, lupa bersyukur, lupa beribadah, karena sibuk mengurus jabatan dan kekayaannya,” papar Ustadz Hilmi.

Kunci hidup bahagia yang lain adalah pasangan yang sholeh/sholehah, Keturunan yang baik, rumah tangga yang baik, harta yang halal, mengingat agama sebagai nasihat, dan yang terakhir umur yang barokah.

“Umur kita semua telah ditetapkan. Namun, dengan umur yang masih kita nikmati harus digunakan dengan baik. Dua jam yang ibu dan bapak jalani di pengajian ini, lebih barokah bila dibandingkan teman-teman ibu bapak, yang ada di rumah dan hanya menonton televisi. Oleh karena itu, nikmat umur yang diberikan harus kita gunakan sebaik-baiknya,” tandas Ustadz Hilmi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Close