15.3 C
Yogyakarta
18 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

Bertani di Wilayah Perkotaan

Pada zaman sekarang ini sangat sulit menemukan lahan” kosong di daerah perkotaan Bahkan di pemukiman warga. Banyak tanah-tanah kosong yang dijadikan bangunan atau rumah. Terutama di daerah perkotaan. Tentunya hal ini menyulitkan bagi masyarakat perkotaan yang ingin bercocok tanam atau sekedar menanam bunga. Mereka tidak mempunyai lahan lagi untuk ditanami tanaman.

Dengan adanya pembangunan-pembangunan tersebut menyebabkan berkurangnya lahan pertanian. Sementara di sisi lain dengan meningkatnya jumlah penduduk bukan hanya kebutuhan tempat tinggal saja yang meningkat melainkan kebutuhan pangan juga semakin meningkat.

Dengan demikian, seiring berkembangnya waktu muncul ide-ide bagaimana memanfaatkan lahan atau tempat yang ada untuk di tanami tanaman. Salah satunya adalah menanam tanaman atau bertani di lahan yang sempit, dengan cara hidroponik maupun teknik vertikultura. Dengan demikian kita bisa melakukan hal tersebut dengan mudah di halaman rumah tanpa membutuhkan lahan yang luas.

Teknik sangat menguntungkan untuk menghasilkan bahan pangan untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk di jual. Apalagi dengan adanya wabah seperti ini. Jika kita melakukan hal tersebut sangat mudah sekali, kita dengan mudah mendapatkan bahan makanan tanpa perlu berpergian keluar rumah. Bahkan sudah banyak orang yang sukses dengan bisnis tersebut.

Salah satunya adalah menanam tanaman atau bertani di lahan yang sempit, dengan cara hidroponik maupun teknik vertikultura.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA