Ditulis oleh 8:20 pm COVID-19

Bhineka Tunggal Ika vs Covid-19

Jika betul Indonesia memang teguh Bhineka Tunggal Ika seharusnya kita tidak perlu panik berlebihan menghadapi wabah Covid-19

Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Diterjemahkan per kata, kata bhinneka berarti “beraneka ragam”. Sabang sampai Merauke dari miangas sampai pulau rote.

Mengenai Covid-19, seperti yang kita ketahui Covid-19 muncul atau beredar pertama kali di Wuhan China, dan akhirnya merambat ke Negara-negara belahan dunia. Hingga saat ini banyak sekali kasus mengenai Covid-19 di belahan dunia. Sampai sekarang jumlah kasus sembuh dan meninggal perbulan April 2020 mencapai perbandingan 1:1 di Indonesia.

Dari penjelasan di atas saya ingin menyampaikan pendapat saya. Jika betul Indonesia memang teguh Bhineka Tunggal Ika seharusnya kita tidak perlu panik berlebihan menghadapi wabah Covid-19, Sadar akan pancasila dan kemanusiaan saya pikir kita bisa berbuat banyak untuk mengatasi Covid-19.

Ada ratusan juta jiwa penduduk Indonesia yang sampai kini masih bisa disebut terpecah belah. Baik karena agama, suku dan ras yang menyebabkan sampai sekarang masyarakat masih sering salah menyalahkan orang lain, termasuk saya sendiri. Apalagi ditambah dengan musibah wabah covid-19 yang sedang melanda negara kita sekarang. Sudah banyak pejuang negara yang gugur demi menyelamatkan masyarakat di Indonesia.

Dari sini seharusnya kita masyarakat sadar akan hal ini, dengan adanya moto negara dan Pancasila kita mempunyai modal awal untuk bangkit bersama melawan Covid-19.

Berharap penuh kepada Pemerintah Indonesia siap tanggap terhadap corona dan kepada seluruh masyarakat Indonesia ayo kita ikut serta membantu dengan mengikuti arahan pemerintah kita. Panjang umur Perjuangan.

(Visited 226 times, 3 visits today)
Tag: , Last modified: 20 Mei 2020
Close