Ditulis oleh 2:41 pm KABAR

Bijak dan Taat Peraturan

Sebagai masyarakat kita harus bisa optimis dalam mengatasi pandemi corona dengan disiplin mengikuti cara-cara pencegahan.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Walaupun lebih banyak menyerang lansia, virus ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. Sebagai masyarakat kita harus bisa optimis dalam mengatasi pandemi corona dengan cara-cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

  1. Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak.
  2. Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, termasuk saat pergi berbelanja bahan makanan.
  3. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  4. Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  5. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.
  6. Hindari kontak dengan penderita COVID-19, orang yang dicurigai positif terinfeksi virus Corona, atau orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  7. Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.

Dalam rangka kebangkitan nasional alangkah baiknya kita sebagai warga negara yang baik dan bijak menaati peraturan pemerintah untuk tetap dirumah dan selalu jaga jarak, mari bersama memutus rantai Covid-19 ini agar semua kembali normal seperti dulu, mari kawan teman saudara saudaraku kita bangkit kita lawan virus ini bersama agar negeri kita tercinta ini sehat kembali bebas dari virus, sudah cukup banyak korban yang berjatuhan sudah cukup para relawan para medis yang menjadi korban mari kita tetap dirumah agar virus ini cepat berakhir Indonesia kuat Indonesia bisa Indonesia bebas covid.

(Visited 48 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 20 Mei 2020
Close