Ditulis oleh 2:23 pm COVID-19

Budi Astuti, M.Pd: Belajar di Era Covid-19, Orang Tua Harus Berperan

Belajar di rumah dengan online mau tidak mau orang tua mulai sadar untuk belajar dan mengetahui IT.

Pengantar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yaitu “Belajar dari Covid-19”. Redaksi arbaswedan.id meminta tanggapan tokoh-tokoh pendidikan mengenai tema tersebut. Berikut ini merupakan pandangan  Budi Astuti, M.Pd, Guru SMA 1 Purworejo Jawa Tengah.


Sungguh sesuatu yang tidak terkira telah melanda dunia ini dari awal Januari sampai dengan waktu yang tidak kita ketahui. Makhluk kecil yang telah dapat membolak-balikkan keadaan, sampai dengan 2 Mei ini belum ada tanda-tanda akan berakhirnya pandemi Covid-19.

Biasanya menjelang, 2 Mei kita disibukkan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan pelaksaan kegiatan rutin upacara, namun hari ini tidak, ada banyak hal yang dapat kita cari hikmahnya untuk Pendidikan akan adanya pandemi ini.

  1. Kesadaran bahwa pendidikan yang tadinya diserahkan sekolah, sekarang orang tua ikut berperan di dalamnya.
  2. Ibadah yang jarang dilaksanakan bersama dengan keluarga sekarang kegiatan ini menjadi ibadah bersama keluarga yang secara langsung mengajarkan karakter.
  3. Karena harus belajar di rumah dengan online mau tidak mau orang tua mulai sadar untuk belajar dan mengetahui IT.
  4. Biasanya satu minggu di bulan Ramadhan banyak orang memikirkan dunianya sendiri dengan belanja-belanka tetapi hari ini kesadaran untuk berbagi dengan orang lain.
  5. Pandemi Covid-19 secara langsung menyadarkan semuanya terutama pendidikan untuk keluarga, keterlibatan pemerintah untuk melindungi kesehatan rakyatnya sehingga pandemi segera teratasi.
  6. Dengan pandemi ini, di hari Pendidikan Nasional kita mesti mampu mengendalikan diri, bersabar dan tetap mendampingi putra putri untuk belajar secara online. Tetap semangat dan semoga pandemi ini bisa segera teratasi.
  7. Dan yang tidak kalah penting di hari Pendidikan Nasional ini marilah kita tanamkan pada anak-anak kita suatu pendidikan yang berbasis KETELADANAN agar mereka kelak menjadi pribadi yang tangguh dan mewarisi pribadi yang Unggul

Dirgahayu Pendidikan Nasional Indonesia.

(Visited 126 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 2 Mei 2020
Close