Ditulis oleh 8:42 am KABAR

Budidaya Tanaman di Lahan Sempit

Oleh karena itu pemanfaatan lahan sempit dapat dioptimalkan dengan cara hidroponik dan vertikultur.

Memiliki lahan yang sempit bukan halangan untuk melakukan budidaya tanaman. Lahan sempit justru harus dimanfaatkan dengan maksimal, karena dapat dikelola sendiri. Berbeda dengan lahan yang luas, budidaya lahan luas memerlukan energi extra dan juga tenaga kerja yang banyak. Budidaya lahan sempit dapat dilakukan sendiri dan juga tidak memerlukan tenaga extra. Budidaya lahan sempit dapat dilakukan dengan cara hidroponik dan juga vertikultur.

Hidroponik adalah teknik budidaya yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Selain dapat dilakukan di lahan yang sempit, hidoponik juga memeiliki kelebihan yaitu pertumbuhan tanaman relatif lebih cepat daripada budidaya konfensional.

Dengan sistem hidroponik, tanaman tumbuh lebih optimal karena unsur hara dalam larutan nutrisi dapat diserap secara optimal dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh tanaman sehingga daun lebih lebar dan tanaman tumbuh lebih besar. Pemberian nutrisi pada sistem budidaya hidroponik tidak dilakukan setiap hari, tetapi hanya pada saat kadar nutrisi di dalam air dibawah standar. Kadar nutrisi dalam air dapat diukur dengan pH meter, jika pH air kurang dari 6,0 atau lebih dari 7,0 berarti harus diberi tambahan nutrisi.

Selain hidroponik, budidaya lahan sempit dapat dilakukan dengan vertikultur. Vertikultur merupakan teknik budidaya lahan sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat. Berbeda dengan hidroponik yang memanfaatkan air sebagai media utama, vertikultur menggunakan tanah sekam sebagai media tanaman. Budidaya vertikultur tidak menggunakan nutrisi seperti hidroponik tetapi menggunakan pupuk kimia atau organik.

Di jaman yang sekarang ini, lahan untuk pertanian semakin berkurang karena digunakan untuk pembangunan gedung-gedung. Oleh karena itu pemanfaatan lahan sempit dapat dioptimalkan dengan cara hidroponik dan vertikultur. Budidaya lahan sempit menjadi peluang besar bagi masyarakat yang hidup di perkotaan untuk bertani karena dapat dilakukan di halaman rumah dan tidak memerlukan banyak biaya.

(Visited 551 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 7 Juni 2020
Close