21.8 C
Yogyakarta
27 Juli 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

BUKU: Memudarnya Supremasi Barat Di Tengah Kebangkitan Asia

Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kembali menerbitkan buku yang kali ini berjudul Memudarnya Supremasi Barat Di Tengah Kebangkitan Asia.

Dalam kata pengantarnya, Prof. Bambang Cipto mengatakan bahwa buku ini ditulis sebagai upaya menjelaskan fenomena global akhir-akhir ini yang menggambarkan proses memudarnya supremasi barat. Proses itu juga berlangsung pada saat Asia sedang mengalami proses kebangkitan yang dipelopori oleh China yang dengan semangat pragmatisnya mampu bangkit hanya dalam waktu 30 tahun.

Kini China bersama dengan India dan negara-negara Asia lainnya tampak siap untuk mengambil alih tongkat kepemimpinan global yang mulai ditinggalkan Barat bersama supremasinya yang semakin meredup dan memudar.

Proses pudarnya supremasi Barat penting dikaji untuk memahami bagaimana bangsa-bangsa atau peradaban tumbuh, berkembang, sebelum akhirnya tumbang untuk memberi tempat bagi yang baru. Redupnya supremasi Barat merupakan sebuah lesson learned bahwa Barat sebagai kekuatan ekonomi, politik, dan militer memiliki kesempatan berkembang sekaligus memiliki batas-batasnya.

Tak ada bangsa atau kumpulan bangsa yang selamanya kuat dan mendominasi dunia seakan-akan tak ada bangsa lain yang lebih mampu.  

Berikut keterangan buku tersebut.

Judul BukuMemudarnya Supremasi Barat Di Tengah Kebangkitan Asia
PenulisProf. Dr. Bambang Cipto, MA
Ukuran14 x 20 cm
Tebalxii + 348
EdisiCetakan pertama, 2020
PenerbitPustaka Pelajar

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA