Ditulis oleh 11:44 am KALAM

(BUKU) Menciptakan Pesantren Ramadhan Bersama Anak di Rumah

Ayah Bunda dapat menciptakan pesantren kilat di rumah bersama anak-anak yang tidak diselenggarakan sekolah karena pandemi Covid-19. Buku ini berisi panduannya.

Alhamdulilah kita bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan 1441 H yaitu bulan suci yang mulia dan penuh barokah, suka cita kita menyambutnya. Selama bulan ramadhan madrasah di RA seringkali mengadakan program pesantren kilat. Tujuan dari madrasah adalah untuk fokus pada pendidikan agama baik itu hafalan surat, hadits, doa sehari-hari, ibadah dan membiasakan perilaku baik atau akhlak sesuai ajaran Islam, serta dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Namun madrasah diliburkan saat ini karena adanya wabah virus corona atau Covid-19 sehingga pesantren kilat dibulan Ramadhan di madrasah pun juga di tiadakan. Anak-anakpun pasti sudah rindu pada teman dan gurunya.

Buku ini berisi tentang bagaimana ayah dan bunda dapat menciptakan pesantren kilat bagi anak-anak, khususnya untuk usia 4-6 tahun di bulan Ramadhan sehingga apa yang biasanya di terapkan di Raudhatul Athfal bisa juga di lakukan orang tua dirumah. Ayah dan bunda bisa merencanakan dan membuat jadwal di rumah dan perlu melibatkan anak-anak dalam menyusunnya. Ada juga tips bagaimana mengajarkan anak untuk berlatih berpuasa sejak dini. Sehingga kelak setelah dia baliq akan terbiasa berpuasa dan juga ada beberapa manfaat bila anak dilatih puasa sejak usia dini.

Semoga buku kecil ini dapat bermanfaat bagi ayah bunda didalam mengisi kegiatan di bulan Ramadhan bersama anak-anak dengan menghadirkan suasana pesantren dirumah.

pesantren_ramadhan_diRumah

(Visited 71 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 10 Mei 2020
Close