31.2 C
Yogyakarta
17 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

Cara Mudah Hemat Uang Belanja

Bagi para ibu rumah tangga, menghemat anggaran belanja tentu suatu keharusan di dalam sebuah keluarga. Namun para ibu terkadang bingung ingin memulainya darimana.

Ada yang berpikiran ingin mencari kerja sampingan untuk menambah anggaran rumah tangga. Ada pula yang harus bekerja dengan keras demi membantu suaminya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka, padahal buah hati mereka masih membutuhkan perhatian, dan kasih sayang seorang ibu di rumah.

Sebetulnya ada cara yang sangat mudah bagi para ibu rumah tangga yang memiliki cukup lahan tanpa harus bekerja keluar dari rumah dan meninggalkan putra-putri mereka dalam waktu yang lama untuk pergi bekerja. Yaitu dengan cara menanam berbagai kebutuhan dapur sendiri di lingkungan rumah.

Memanfaatkan metode hidroponik, menggunakan botol bekas air mineral yang dibelah menjadi dua. Yang kemudian dirangkai di dinding-dinding sekitaran rumah yang terkena cukup sinar matahari. Misalkan di dinding pagar rumah, di dinding teras rumah, maupun di dinding belakang rumah. Atau dapat merangkai dan memasang bambu sebagai metode untuk memasang rangkaian botol di tempat yang masih tersisa di sekitaran rumah.

Para ibu pun dapat memulainya dengan menanam empon-empon, bawang merah & putih, cabai, tomat, sayur-sayuran. Maupun memelihara ikan lele dengan mempergunakan kolam terpal untuk kebutuhan sendiri. Bahkan dapat dijual atau ditawarkan pada warung makan, toko sayur di sekitaran rumah, atau menawarkannya melalui media sosial.

Selain dapat menghemat anggaran belanja rumah tangga, cara tersebut juga dapat menjamin kesehatan keluarga mereka. Para ibu dapat memanen kebutuhan memasak mereka sendiri secara bertahap, tanpa takut terpapar pestisida. Atau logam berat yang dapat mengganggu kesehatan keluarga.

Sehingga para ibu pun dapat menemani buah hatinya di rumah, dan dapat berhemat. Serta menghasilkan uang dengan cara memanfaatkan lahan kosong di sekitar lingkungan rumah.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA