Cara Terbaik Untuk Membenahi Sistem Pendidikan di Indonesia

1.6.7. Cara
Salah satunya adalah dengan cara membebaskan semua biaya pendidikan hingga jenjang yang paling tinggi.

Setiap manusia memiliki hak untuk memperoleh pendidikan yang layak, karena pendidikan adalah kunci sukses untuk memperoleh masa depan yang cemerlang. Tetapi tidak semua manusia dapat memperoleh pendidikan yang layak, karena ada sebagian dari mereka harus bekerja dan berjuang dengan keras sendiri untuk memperoleh pendidikan yang layak. Ada yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi tetapi tidak terlaksana karena terkendala pada ketidak mampuan secara finansial. Ada pula yang dapat memperoleh pendidikan dengan mudah karena faktor kemampuan finansial dari keluarga.

Hal tersebut adalah masalah yang sangat serius bagi negara karena dapat menciptakan kesenjangan sosial dalam bidang pendidikan di tengah masyarakat terutama di Indonesia. Tidak hanya itu, ketidakseragaman pendidikan membuat seseorang mendapatkan diskriminasi pekerjaan, dan diskriminasi upah kerja. Seharusnya masyarakat itu dapat memperoleh haknya terutama sebuah pendidikan yang layak dari negara yang mereka naungi.

Hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah dengan cara mengubah struktur pendidikan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pendidikan yang layak dan setara dengan orang lain. Salah satunya adalah dengan cara membebaskan semua biaya pendidikan hingga jenjang yang paling tinggi. Sehingga semua lapisan masyarakat pasti akan serentak memperoleh pendidikan yang layak. Tidak menimbulkan kesenjangan pendidikan di tengah masyarakat, dan semua anak bangsa akan tumbuh cerdas dan berkualitas.

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah dengan cara menarik pajak pendidikan kepada mereka yang telah lulus, dan sudah memasuki dunia kerja untuk membiayai pelajar yang sedang dalam masa pendidikan. Begitu seterusnya secara bertahap. Cara tersebut tentu saja akan membuat generasi muda kita menjadi generasi yang cerdas, dan berkualitas.

Hal lain yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberikan sanksi kepada alumni yang tidak membayar pajak, kepada anak yang tidak melaksanakan pendidikannya sesuai ketentuan dari pemerintah. Juga kepada orang tua yang tidak mengawasi pendidikan putra dan putrinya dengan baik, karena pendidikan adalah wajah bangsa di dalam negeri maupun di luar negeri. Ketika sebuah bangsa mempunyai sumberdaya manusia yang berkualitas tentu saja kita akan disegani dan dihargai oleh semua orang di dunia.

(Visited 65 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020