Cek dan Ricek Informasi Untuk Hindari Berita Hoax

WhatsApp Image 2019-11-21 at 16.37.08

Pengajian rutin Majelis Taklim Nusaibah Yayasan Abdurrahman Baswedan menghadirkan Ustadz Ustad Niki Alma Febriana Fauzi, Kamis, 21 November 2019, di Sekretariat Yayasan, Perumahan Timoho Asri IV, Muja Muju, Yogyakarta. Pengajian minggu ini mengangkat tema Bahaya Berita Hoax dan Bagaimana Menyikapinya.

Menurut Ustadz Niki, berita atau informasi hoax, pada dasarnya sudah ada sejak dulu. Pada masa Rasulullah, nyaris hampir beberapa kali terjadi perang antar kabilah karena adanya hoax. Artinya, jika pada masa Nabi saja, hoax itu muncul, apalagi jaman sekarang. Ketika media dan teknologi informasi berkembang pesat, maka penyesatan informasi lebih mudah dan cepat dilakukan.

Bagaimana mengantisipasinya? Sebenarnya setiap informasi selalu perlu diklarifikasi. Baik terkait kondisi yang terjadi di lapangan, maupun kualitas narasumber yang menjadi acuan. Baik terkait content, maupun video yang ditampilkan.

Saat ini, sangat mudah melakukan editing video sehingga hasilnya meyakinkan. Misalnya, muka tokoh A, dimix dengan mulut tokoh B. Jika tidak cermat dan waspada, rekayasa editing ini bisa menimbuljan chaos tingkat tinggi.

Maka, menjadi tugas seorang Muslim. Untuk selalu melakukan cek, ricek, maupun kroscek data dan informasi. Sehingga, bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ustadz Niki memberikan beberapa tips untuk menghadapi hoax:
— Jangan mudah melakukan sharing dan reposting.
— Klarifikasi dulu informasi yang kita terima melalui orang terpercaya dan berkompeten.
— Manfaatkan medsos untuk menunjang kegiatan produktif, seperti bisnis, manajemen organisasi, koordinasi event, dll.

(Visited 99 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020