Ditulis oleh 3:22 pm KABAR

Ciptakan Rasa Kebersamaan Dalam Menghadapi Wabah Corona

Energi optimisme perlu dibangun di negeri ini, agar menjadi salah satu kekuatan besar melawan pandemi ini.

Saat ini optimisme merupakan hal yang dibutuhkan manusia dalam menghadapi pandemi Covid-19, dapat memberikan efek positif sehingga memperkuat kekebalan tubuh. Sesulit apapun segenting bagaimana pun tidak dianjurkan untuk menyerah, harus yakin bahwa wabah ini akan berakhir dan semua akan kembali seperti sedia kala.

Energi optimisme perlu dibangun di negeri ini, karena menjadi salah satu kekuatan besar melawan pandemi ini. Optimis tunjukkan tekad dan keyakinan yang kuat bahwa Indonesia mampu mengatasinya. Namun harus terbangun dari seluruh elemen masyarakat, maka bangsa ini akan kuat.

Yang utama harus dilakukan peningkatan kapasitas layanan kesehatan, terutama di daerah yang memiliki kerentanan penularan tinggi. Mulai dari menyiapkan SDM kesehatan karena tenaga medis merupakan salah satu garda depan dalam pandemik ini. Menyiapkan fasilitas kesehatan untuk perawatan pasien dan memastikan ketersediaan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan, Alat Pelindung Diri (APD). Akan tetapi sebanyak apapun fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang disiapkan tidak akan mampu apabila jumlah kasus Covid-19 terus meningkat.

Selayaknya sebuah virus yang menyebar dengan mudah begitupula optimisme pun harus menjadi sebuah virus yang menyebar merasuk ke jiwa-jiwa masyarakat. Masyarakat harus disiplin melaksanakan protocol kesehatan, disiplin memakai masker, jaga jarak antar sesama manusia, rajin mencuci tangan dan mengkarantina diri bila ada tanda-tanda terpapar. Untuk memutus rantai penularan Covid-19, sehingga sedikit mengurangi beban elemen yang berada di garda depan.

Dengan adanya pandemi ini harus mengambil hikmah, bahwa bangsa Indonesia harus menciptakan rasa kebersamaan dalam menghadapi wabah ini yang merupakan Kebangkitan Nasional II. Kebangkitan yang ke-I melawan penjajahan guna memerdekakan negara dan kebangkitan yang ke-II melawan virus Covid-19 guna menjadikan bangsa Indonesia kembali normal. Sehingga setelah pandemi ini berakhir akan menjadikan Indonesia menjadi lebih maju dan kuat.

(Visited 45 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 20 Mei 2020
Close