Covid-19: Mengakhiri Pandemi Tanpa Kecemasan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Selain menaati peraturan dari pemerintah, kita harus menjaga daya tahan tubuh seperti tidak cemas. Karena rasa cemas akan menurunkan sistem kekebalan tubuh yang dapat meningkatkan resiko terinfeksi virus corona.

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernafasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2).Virus corona atau Covid-19 pertama kali diindentifikasi pada akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China. Covid-19 menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia. Pada senin 2 Maret 2020 Indonesia pertama kali menginformasikan kasus Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo mengumumkan ada 2 Warga Negara Indonesia yang telah terjangkit Covid-19, berusia 31 tahun dan 64 tahun. Hingga saat ini pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19 telah bertambah banyak. Per 17 Mei 2020 jumlah kasus Covid-19 yakni 17.520. Sebagian besar pasien yang telah terjangkit Covid-19 adalah golongan lanjut usia (lansia). Serta orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes, punya kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius.

Adapun beberapa gejala umum dari Covid-19 yaitu demam, batuk berdahak, kehilangan selera makan, kelelahan, sesak napas, nyeri otot. Namun ada beberapa kasus pasien yang terjangkit Covid-19 tanpa gejala tersebut. Gejala-gejala terinfeksi virus corona umumnya muncul pada periode masa inkubasi sekitar 2 hingga 14 hari setelah terpapar. Sehingga jika kalian mengalami beberapa gejala Covid-19 tersebut dan telah melakukan perjalanan yang cukup jauh maka sebaiknya anda mengisolasi diri sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Walaupun angka kasus Covid-19 saat ini masih terus bertambah namun kita sebagai rakyat Indonesia harus optimis bahwa pandemi ini akan berakhir. Yakni dengan cara menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak setidaknya 1 meter, tetap berada di rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, selalu mencuci tangan dengan sabun. Selain menaati peraturan dari pemerintah, kita harus menjaga daya tahan tubuh seperti tidak cemas. Karena rasa cemas akan menurunkan sistem kekebalan tubuh yang dapat meningkatkan resiko terinfeksi virus corona.

Lisa Sari Wijayanti

Lisa Sari Wijayanti

Saat ini tinggal di Klaten, Jawa Tengah

Terbaru

Ikuti