29.1 C
Yogyakarta
20 September 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

Dampak Teknologi Informasi

Generasi milenial tidak akan lepas dengan namanya perkembangan teknologi informasi. Contoh mudahnya internet. Generasi milenial pasti kenal dengan yang namanya internet. Bukan hanya kenal lagi, tapi mereka dapat menggunakannya dengan cepat dan lincah. Dengan internet akan memudah mencari semua berita berita baik secara fakta maupun hoax. Dari contoh tersebut dapat diambil kesimpulan. Bahwa perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat mempunyai berbagai dampak baik terhadap diri sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

Dampak positif yang didapatkan dengan adanya perkembangan teknologi informasi adalah terbantunya untuk mengurangi penyebaran virus corona yang saat ini terjadi dengan bekerja dan belajar dari rumah. Dampak positif lainnya adalah dapat mengetahui hal-hal yang terjadi dalam dunia ini secara cepat. Mempermudah komunikasi tanpa terhalang jarak dan waktu. Mempercepat pekerjaan yang awalnya memakan waktu lama. Memudahkan iklan produk dan masih banyak lagi.

Selain dampak positif, teknologi informasi juga mempunyai dampak negatif. Seperti lupa waktu, sehingga menimbulkan keborosan dalam menggunakan teknologi yang menyebabkan tagihan meningkat. Banyak muncul berita hoax, muncul isu SARA dan ponografi, muncul kejahatan, dapat terjadi miss communication, timbul hacker yang dapat melakukan perusakan-perusakan pada sebuah sistem.

Cara mengurangi dampak negatif diperlukan kesadaran dalam memberikan berita secara faktual. Cara lain adalah menggunakan teknologi sesuai tujuan, menjauhi situs-situs yang tidak ada manfaatnya. Jangan mudah terpengaruh terhadap suatu informasi yang provokatif. Selain cara tersebut diperlukan pendampingan orang tua terhadap anak di bawah umur dalam menggunakan teknologi.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA