Dianjurkan Berbuka Dengan Tiga Butir Kurma, Ini Penjelasannya

Rasullulah SAW menganjurkan berbuka puasa dengan tiga butir kurma. Mengapa tiga butir, berikut penjelasan ilmiahnya?

Kita telah memasuki bulan suci Ramadhan, dimana umat muslim akan menjalankan puasa selama sebulan. Selama ramadhan, kita akan menjumpai berbagai jenis makanan yang dihidangkan saat berbuka puasa.

Namun, satu kudapan manis yang sepertinya tidak bisa dilepaskan saat bulan puasa yakni kurma. Kurma merupakan tumbuhan yang subur di belahan timur tengah. 

Kurma, atau dengan sebutan balah dalam bahasa Arab, khajoor untuk Urdu, dan hurmah di Turki, menjadi salah satu makanan favorit pembuka puasa, sebelum makanan berat, yang dianjurkan Rasullulah SAW.

Namun, Rasullulah hanya menganjurkan memakan kurma sebanyak tiga buah saat berbuka puasa. Terkait hal ini ada penjelasan secara ilmiahnya. Kita tentu sering mendengar anjuran untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Kurma merupakan buah dengan citarasa manis, yang baik untuk menaikkan kadar  gula darah yang turun selama berpuasa.

Ahli gizi RS Cipto Mangunkusumo, Triyani Kresnawan, DCN, MKes, RD, seperti dilansir Suara.com, mengatakan bahwa kurma merupakan buah dengan kandungan gula yang cukup tinggi.

Sebanyak 10 butir, setara dengan 100 gram kurma mengandung 282 kalori dan 75 gram karbohidrat. Itu sebabnya kurma sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

“Jadi maksudnya itu keistimewaan kurma karena begitu dimakan bisa meningkatkan gula darah. Tapi tentu tidak boleh berlebihan,” ujar Triyani.

Apabila dikonsumsi berlebihan, lanjut Triyani, maka kurma bisa memicu penumpukan karbohidrat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kadar trigliserin atau lemak dalam darah.

“Jadi makannya jangan sampai sekotak habis juga. Harus dibatasi agar tidak menimbulkan penumpukan trigleserin dalam darah,” imbuhnya.

Porsi tiga butir kurma saat berbuka, seperti yang dianjurkan Rasullulah, sangat ideal, apalagi biasanya ada makanan manis lain yang tersedia saat berbuka.

Tetap jaga kadar gula darah saat berbuka, agar selalu dalam kondisi sehat. Selamat bebuka puasa.

Sumber: Suara.com

(Visited 209 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020