Disiplin Kunci Utama Menuju New Normal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Tatanan hidup baru atau new normal yang berlaku ini juga bukan semata-mata bisa hidup bebas dan seenaknya.

Sejak Maret 2020 Indonesia melaporkan kasus pertamanya dari Covid-19, adalah dua orang wanita berusia 64 tahun dan 31 tahun. Diduga mereka sempat kontak langsung dengan warga negara Jepang yang terjangkit virus corona saat ia sedang berada di Indonesia.

Warga Jepang itu terdeteksi terkena virus corona setelah meningalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Kementerian kesehatan pun kemudian melakukan penelurusan kepada warga negara Jepang tersebut. Dua orang yang terinveksi Covid-19 itu pun dirawat di rumah sakit Sulianti Saroso. Menkes juga melakukan tracking dan uji laboratorium kepada dua orang, yaitu kakak dan pembantu yang tinggal bersama dengan dua orang yang sebelumnya terpapar virus corona. Kemudian menkes menyatakan bahwa kakak dan pembatu tersebut negatif Covid-19.

Setelah ditemukannya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah mulai melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi pandemi ini. Sejumlah rumah sakit di Indonesia mulai digunakan untuk merawat pasien yang terpapar Covid-19 di Indonesia. Pemerintah juga membangun rumah sakit darurat Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Selain itu di masa darurat Covid-19 mulai diberlakukan, pemerintah juga menghimbau warga agar tetap di rumah saja. Menutup sekolah-sekolah dan institusi pendidikan lainnya. Sejumlah perkantoran dan tempat usaha juga memberlakukan Work from Home atau bekerja dari rumah untuk para karyawannya. Menutup semua sektor pariwisata, tempat hiburan, dan tempat perbelanjaan. Pemerintah juga memberhentikan segala alat transportasi darat, air, dan juga udara, serta menutup akses keluar masuk luar dan dalam negeri. Sektor perekonomian seperti pasar masih diijinkan untuk buka namun mereka wajib melakukan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Di sejumlah daerah, dinas kesehatan mulai melakukan rapid tes ataupun swab tes kepada warga. Hal ini untuk mengetahui siapa saja yang sudah terpapar covid. Warga yang terpapar virus Covid-19 selanjutnya dibawa ke rumah sakit terdekat untuk kemudian dirawat. Dan dikarantina selama 14 hari atau lebih dan dipastikan sudah sembuh dari Covid-19.

Dari tes covid yang dijalani ditemukan banyak warga yang ternyata terpapar Covid-19. Hingga saat ini data pasien covid-19 Indonesia sudah mencapai 37.420 orang positif corona, dan 2.091 orang meninggal.

Di masa pandemik ini pemerintah sudah berusaha untuk mencegah penularan virus Covid-19 ini dengan berbagai cara dan kebijakan. Namun pada kenyataannya jumlah orang yang terpapar masih terus tetap naik. Sehingga Indonesia menduduki kasus Covid-19 tertinggi nomor dua di Asia Tenggara.

Empat bulan berlalu. Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menerapkan new normal atau tatanan baru, beradaptasi dengan Covid-19. Di tengah pandemi ini masyarakat harus menjaga produktivitas namun tetap dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Masyarakat dituntut untuk selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Beberapa sektor yang mulai diperbolehkan buka adalah tempat wisata, restoran, pusat perbelanjaan, beberapa transportasi umum dll. Mereka diperbolehkan beroperasi namun tetap sesuai protokol kesehatan yaitu wajib menggunakan masker, jaga jarak. Dengan tetap mengaja kebersihan dengan terus cuci tangan menggunakan sabun yang telah disiapkan di beberapa tempat umum atau menggunakan hand sanitizer.

Tatanan hidup baru atau new normal yang berlaku ini juga bukan semata-mata bisa hidup bebas dan seenaknya. Namun yang paling penting adalah kedisiplinan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat dituntut untuk selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Cara yang harus dilakukan saat new normal adalah PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Yaitu makan makanan yang bergizi, minum multivitamin, berolahraga rutin untuk menjaga imunitas tubuh, rajin cuci tangan. Wajib menggunakan masker setiap keluar rumah, dilarang berkerumun, dan tetap menjaga jarak aman dengan orang lain.

Jika masyarakat bisa tertib dan disiplin tetap patuh menjalankan protokol kesehatan dari pemerintah dan juga Pola Hidup Bersih dan Sehat. Kita akan terhindar dari Covid-19 dan bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sehingga masyarakat bisa hidup normal kembali tanpa khawatir akan Covid-19.

Amanda Afrida

Amanda Afrida

Karangnongko Klaten

Terbaru

Ikuti