Ditulis oleh 7:07 am MAKLUMAT

Diskusi Buku Minggu Ini: Falsafah Hidup Prof. Dr. Hamka

Lahir, berjuang, dan akhirnya mati. Demikianlah kita menjalani hidup. Melalui buku ini, Hamka menguraikan tentang rahasia kehidupan dan perilaku manusia. Akhirnya Buya sampai pada kesimpulan, “Islam memulangkan kekuasaan kepada Allah belaka, yang Esa di dalam kekuasaan-Nya. Itulah Tauhid, yang mengakui Tuhan hanya Satu. Setelah itu memandang manusia sama derajatnya. Tidak ada kelebihan si anu dan si fulan, semuanya sama di sisi Tuhan; kelebihan seorang diri yang lain hanyalah takwanya, budinya dan kecerdasan akalnya. Bukan karena pangkat atau harta kekayaan. Tangan si lemah dibimbing sehingga beroleh kekuatan. Diambil hak dari tangan yang kuat dan kuasa lalu dipindahkan kepada yang lemah, sehingga tegaklah perimbangan. Inilah hidup yang dikehendaki Islam. Inilah Falsafah Hidup yang kita kehendaki…”

Hidup seperti inilah yang menghasilkan ribuan orang mulia yang berguna di kehidupan dunia sampai akhirat. Dan, bila kita bisa mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari, kita akan menjadi “garam” dunia. Insya Allah

Buku dengan judul Falsafah Hidup: Memecahkan Rahasia Kehidupan Berdasarkan Tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah karya Prof. Dr. Hamka, akan menjadi buku yang akan didiskusikan dalam forum diskusi buku rutin Yayasan Abdurrahman Baswedan, Jum’at, 31 Januari 2020, pukul 15.30 WIB. Diskusi akan menghadirkan Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si (Dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga) dan Dr. Irsyadunnas, M.Ag (Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga).

Prof. Dr. Hamka atau biasa disapa dengan Buya Hamka merupakan salah satu guru bangsa. Nama lengkapnya Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Putra pertama dari pasangan Dr. Abdul Malik Karim Amrullah dan Shaffiah ini lahir pada 17 Februari 1908 di Maninjau, Sumatera Barat. Tidak satu pun pendidikan formal ditamatkannya. Banyak membaca menjadi modalnya, tak lupa belajar langsung dengan tokoh dan ulama, baik di Sumatera Barat, Jawa, bahkan sampai ke Mekah. Doktor Honoris Causa dari Universitas Al-Azhar dan Universitas Prof. Moestopo Beragama ini wafat pada hari Jum’at, 24 Juli 1981.

Diskusi buku Yayasan Abdurrahman Baswedan dilaksanakan rutin tiap Jum’at sore. Diskusi terbuka untuk umum.

Sumber: Sampul belakang buku

(Visited 221 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 10 Februari 2020
Close