Ditulis oleh 4:05 am MAKLUMAT

Diskusi Buku Minggu ini: Matematikawan Muslim Terkemuka

Matematika sebagai sebuah pokok bahasan sering disajikan dengan serangkaian prosedur teknis tanpa makna dalam berbagai silabus dan buku-buku ajar. Pemisahan dari konteks folosofi dan budaya intelektual, mengakibatkan matematika cenderung kehilangan makna dan menjadi sangat menyimpang. Pengetahuan mengenai sejarah matematika dapat membantu dalam menentukan tujuan pengajaran dan pengetahuan dari pokok bahasan tersebut.

Oleh karena pentingnya matematika, membuat Yayasan Abdurrahman Baswedan mengangkat buku berjudul Matematikawan Muslim Terkemuka karya Mohaini Mohamed dalam diskusi buku rutin yang akan diselenggarakan pada Jum’at, 28 November 2019, di Sekretariat Yayasan, Perumahan Timoho Asri IV, Yogyakarta.

Buku ini menyajikan kisah dan analisis terperinci mengenai kehidupan dan pandangan para matematikawan pada era Islam, keberadaannya dalam dunia ilmu pengetahuan, pengenalan kehidupan dan kontribusi mereka terutama dalam bidang matematika dan astronomi.

Matematikawan yang kehidupan dan karyanya diceritakan dalam buku ini adalah al-Khwarizmi, Ibn al-Haytham, al-Biruni, Omar Khayyam dan al-Tusi. Buku ini menghapus gambaran yang salah yang dibuat beberapa ahli sejarah bahwa orang-orang muslim tidak memberikan kontribusi yang murni pada matematika dan hanya sebagai pemelihara pengetahuan Yunani.

Banyak dokumen baru yang ditemukan dan dokumen lama yang ditulis ulang dengan pemikiran yang lebih kritis dan lebih mudah dipahami. Hasilnya menegaskan kenyataan bahwa kontribusi para matematikawan pada era Islam benar-benar penting dan sangat mempengaruhi perkembangan matematika modern. Buku ini dapat digunakan sebagai referensi bagi para mahasiswa dalam bidang sejarah matematika dan juga sesuai untuk mahasiswa jurusan matametika, dosen, dan instruktur maupun siapa saja yang berkecimpung pada bidang terkait.

Diskusi buku akan menghadirkan dua narasumber yakni Drs. Basuki Abdurrahman, M.Si Dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia dan Dr. Tutik Hartanti, M.Pd Guru SMA 1 Sewon dan Dosen STIKES Surya Global.

(Visited 29 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 10 Februari 2020
Close