Ditulis oleh 5:23 am MAKLUMAT

DISKUSI BUKU MINGGU INI: Metamorfosis Sarekat Islam, Gerakan Politik Islam dan Munculnya Kesadaran Nasional

“Orang semakin lama semakin merasakan,
baik di Nederland maupun di Hindia,
bahwa
zelfbestuur (pemerintahan sendiri) sungguh diperlukan!”
(H.O.S. Tjokroaminoto)

Tiga dekade sebelum kemerdekaan RI, tepatnya dalam Kongres Sarekat Islam di Bandung pada 17-24 Juni 1916, Tjokroaminoto, Pemimpin Besar Sarekat Islam sudah mencetuskan ide pemerintahan sendiri. Tjokro juga mengatakan “bahwa sudah tidak pantas lagi Hindia diperintah oleh negeri Belanda, bagaikan seorang tuan tanah yang menguasai tanah-tanahnya!”

Sarekat Islam menjadi salah satu organisasi dengan keanggotaan terbesar dimasanya. Pada tahun 1919 anggotanya tercatat 2,5 juta orang. Sarekat Islam sendiri sudah berkali-kali bermetamorfosis. Bermula dari laskar kemanan di Solo bernama Rekso Rumekso, lalu menjadi Sarekat Dagang Islam (SDI), Sarekat Islam, Partai Sarekat Islam (PSI), hingga ke Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII).

Meski semula digerakkan atas nama harga diri kesukuan dan kehormatan agama, dalam Sarekat Islam bibit nasionalisme tumbuh subur. Ada banyak nama-nama tokoh besar yang terpaut di dalamnya, seperti Samanhudi, Martodharsono, Tirto Adhi Soerjo, Tjokroaminoto, Agus Salim, Abdoel Moeis, dan Semaoen. Sukarno juga tercatat pernah menjadi anak didik Tjokroamonoto, sang Pemimpin Besar Sarekat Islam.

Buku Metamorfosis Sarekat Islam Gerakan Politik Islam dan Munculnya Kesadaran Nasional karya Handri Raharjo ini menarik untuk didiskusikan. Walaupun Sarekat Islam dibentuk atas keislaman, namun nasionalisme keindonesiaan begitu kuat. Oleh karena itu, Yayasan Abdurrahman Baswedan mengangkat buku ini pada diskusi buku rutin minggu ini, 10 Januari 2020, pukul 15.30 di Sekretariat Yayasan, Perumahan Timoho Asri IV, No. B9C, Muja Muju Yogyakarta.

Diskusi ini akan menghadirkan dua pembicara, yakni Handri Raharjo, S.H., M.H penulis buku serta Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag Guru Besar Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta. Diskusi ini terbuka untuk umum.

Deskripsi Buku:

Judul               : Metamorfosis Sarekat Islam, Gerakan Politik Islam dan Munculnya Kesadaran Nasional
Penulis           : Handri Raharjo
Penerbit         :  Narasi, 2019
Tebal              : 264 halaman

(Visited 199 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 10 Februari 2020
Close