Ditulis oleh 3:50 pm MAKLUMAT

Diskusi Buku Minggu Ini: Politik Sumber Daya Alam

Alam bersifat terbatas, tetapi harus berhadapan dengan kebutuhan, keinginan dan kepentingan manusia yang seolah tidak terbatas. Inilah alasan mendasar mengapa krisis SDA dan lingkungan. Krisis sumber daya alam (SDA) dan lingkungan semakin dirasakan dan dampaknya telah meluas pada peningkatan kemiskinan, kelaparan, kesenjangan, hingga menurunnya kualitas hidup manusia. Demikian disampaikan Arif Satria dalam pengantar bukunya, Politik Sumber Daya Alam.  

Buku ini menganalisis pengelolaan sumber daya alam di Indonesia selama kurun waktu hampir satu dekade ini sejak era SBY hingga Jokowi dalam tinjauan ekologi politik. Ekologi politik lahir di tengah krisis ekologi dunia yang makin serius, yang ternyata tidak bisa dipecahkan secara teknis semata.

Ekologi politik sebagai sebuah pendekatan mencoba melihat pengaruh perubahan politik terhadap perubahan lingkungan dan sebaliknya. Pendekatan ini mencoba untuk memahami bahwa masalah lingkungan adalah masalah relasi antaraktor. Aktor-aktor tersebut akan berperilaku sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan sumber daya apabila kita mampu menciptakan tata kelola yang menjadi acuan dalam proses sosial politik. Secara khusus, buku ini membahas kajian politik lingkungan, perikanan, dan pangan yang merupakan sektor strategis di Indonesia.

Buku Politik Sumber Daya Alam karya Arif Satria yang diterbitkan Yayasan Obor Indonesia berkerja sama dengan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB, akan didiskusikan dalam forum diskusi buku rutin Yayasan Abdurrahman Baswedan, Jum’at, 7 Februari 2020, Pukul 15.30 WIB, di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan, Perumahan Timoho Asri IV, No. B9C, Muja Muju Yogyakarta. Diskusi akan Menghadirkan pembicaca: Ir. Muslich Zainal Asikin, MBA., MT., ATU (Direktur Abhiseka Training Center), Drs. Zulkifli Halim, M.Si (Mantan Anggota DPR RI, Penasehat KAHMI DIY) dan Habib Abdillah N., ST., M.Eng., M.Sc. (Dosen Prodi Teknik Lingkungan UP45).

Diskusi ini terbuka untuk umum.

(Visited 218 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 13 Februari 2020
Close