Ditulis oleh 4:06 am MAKLUMAT

Diskusi Buku Minggu ini: Prophetic Parenting, Cara Nabi Mendidik Anak

Diskusi Buku rutin Yayasan Abdurrahman Baswedan minggu ini akan mengangkat buku berjudul Prophetic Parenting, Cara Nabi Mendidik Anak yang ditulis Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid, pada Jum’at, 15 November 2019, di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan.

Buku ini disusun berdasarkan kajian penulis terhadap Sirah Nabawiyah dan Assunah, yang mengungkapkan bahwa pendidikan bagi anak bermula dari ketika kedua orangtua menikah. Kemudian hubungan kedua orangtua, kesalehan mereka dan kesepakatan mereka dalam melakukan kebajikan, memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam membentuk sisi psikis dan kecenderungan bagi sang anak.

Dalam buku ini penulis mengetengahkan pentingnya pertumbuhan anak di gendongan ibunya, keluarganya dan lingkungannya serta hubungan kekerabatan dengan kedua orangtua dan karib-kerabatnya. Juga tentang pentingnya menjaga nilai-nilai islami dalam masa pertumbuhannya dan membiasakannya untuk berpikir.

Seluruh pemaparan dalam buku ini layak untuk menjadi pedoman dan panduan dalam metode pendidikan. Buku ini layak untuk berada di setiap rumah!”  

Abul Hasan Ali al-Hasani an-Nadawi
(Anggota Pendiri Rabitah Alam al-Islami; mantan Ketua Dewan untuk Pusat Kajian Islam Universitas Oxford)

Penulis juga menekankan tentang pentingnya memakai berbagai media dan alat peraga yang sesuai dengan usia anak. Itu semua beliau simpulkan dari metode pendidikan Islam, hadis-hadis Nabi Shallallahu ‘alayhi wa Sallam dan pernyataan para pakar pendidikan Islam.

Buku ini akan dibedah oleh dua narasumber yakni Prof. Dr. Aliyah Rasyid Baswedan, M.Pd Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta dan Shomiyatun, S.Ag., M.Pd.I Dosen STPI. Diskusi buku ini terbuka untuk umum, konfirmasi kehadiran sebagai peserta dapat dilakukan melalui tautan www.bit.ly/hadirsiskusibuku.

(Visited 142 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 10 Februari 2020
Close