Diskusi Buku Minggu Ini Seri #14 History of Madura

WhatsApp Image 2019-09-10 at 10.24.24

History of Madura
Sejarah, Budaya dan Ajaran Luhur Masyarakat Madura

Penulis            : Drs. H. Muhammad Syamsudin, M.Si.
Penerbit          : Araska Publisher
Ukuran            : 20,5 x 14 x 1,3 cm
Jumlah Hal      : 288
Terbitan           : Juni 2019

Apabila membicarakan Madura, ada banyak hal yang akan muncul dalam pikiran kita. Meskipun secara geografis cukup kecil jika dibanding pulau lain, tetapi Madura menyimpan sejarah dan kebudayaan yang cukup kompleks jenis dan warnanya. Jika kita berhitung, kita akan menemukan bahasa, seni bertutur, mode pakaian, seni karapan sapi, dan lain sebagainya, yang mana menunjukkan ciri khas kebudayaan masyarakat Madura.

Apabila kita menilik di masa lampau, kita akan tahu bahwa Adipati Pertama di Madura, Arya Wiraraja, adalah tokoh yang sangat berpengaruh atas berdirinya Kerajaan Majapahit. Di bawah pemerintahan Arya Wiraraja, Madura berkembang pesat dan menjadi kerajaan kecil yang terkemuka.

Pada masa berikutnya, Madura juga tidak lepas dari jajahan VOC, yaitu pada paruh pertama abad ke-18. Pada 1798 VOC bangkrut dan pada saat inilah, Madura berada di bawah kolonialisme Kerajaan Belanda yang semakin kukuh dalam mencengkeramkan dominasinya atas Madura.

Buku ini mengulas tentang sejarah Madura, kondisi geografis, kekayaan budaya, sumber daya alam dan manusianya, juga dinamika yang terjadi saat ini. Melalui buku ini, pembaca akan mengenal lebih detail tentang pandangan hidup, tradisi dan ajaran luhur yang menjadi prinsip hidup orang-orang Madura. Bagi masyarakat Madura buku ini dapat menjadi pegangan untuk makin mengenal sejarah dan potensi-potensi yang dimilikinya. Bagi masyarakat luar Madura, informasi-informasi dalam buku ini diharapkan bisa memberikan pemahaman yang lebih utuh sehingga kita tidak lagi terjebak pada stereotip yang naif dan berbahaya. (Sumber: Teks Cover Belakang, Buku History of Madura, Sejarah, Budaya dan Ajaran Luhur Masyarakat Madura)

Mari bersama kita ikuti diskusi buku ini yang akan menghadirkan penulis buku Drs. Muhammad Syamsuddin, M.Si yang juga Peneliti LP2M dan Dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga, serta Prof. Dr. Chairil Anwar, M.Sc. Guru Besar Universitas Gadjah Mada. Diskusi akan dilaksanakan pada Jum’at, 13 September 2019, Pukul 15.30 s.d selesai di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan, Perumahan Timoho Asri IV, No. B9C, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta.

Untuk konfirmasi kehadiran klik tombol di bawah ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Close