Ditulis oleh 10:00 am MAKLUMAT

Diskusi Minggu Ini: Menaja Jalan, Ekonomi Politik Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Buku ini berisi analisis kritis atas kondisi politik yang merintangi investasi infrastruktur. Dihasilkan dari penelitian yang mendalam dengan merujuk berbagai sumber kepustakaan, kajian ini menantang…

Meskipun sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia mengalami hambatan dalam perbaikan infrastruktur. Negara demokrasi ini terbelenggu oleh ragam kepentingan sempit dan politik lokal. 

Demikian point penting dalam buku Menaja Jalan: Ekonomi Politik Pembangunan Infrastruktur Indonesia karya Jamie S. Davidson pengajar di Departemen Ilmu Politik, National University of Singapore. Buku ini akan didiskusikan dalam diskusi buku Yayasan Abdurrahman Baswedan, Jum’at, 28 Februari 2020, Pukul 15.30 di Sekretariat Yayasan, Perumahan Timoho Asri IV, No. B9C, Muja Muju, Yogyakarta. 

Buku ini berisi analisis kritis atas kondisi politik yang merintangi investasi infrastruktur. Dihasilkan dari penelitian yang mendalam dengan merujuk berbagai sumber kepustakaan, kajian ini menantang penjelasan-penjelasan arus utama tentang tingkat investasi yang rendah dan lambannya penerapan proses liberalisasi reformasi. 

Dengan pendekatan sosiologi politik pembangunan infrastruktur, Jamie S. Davidson menilai bahwa sebab utama rintangan investasi infrastruktur jalan tol bukanlah lemahnya kelembagaan formal dan rendahnya kecakapan fiskal negara, melainkan perburuan rente yang telah berurat berakar, gagalnya harmonisasi relasi pemerintah pusat-daerah, serta pertarungan negara-masyarakat atas tanah.

Davidson menggambarkan bahwa menempatkan politik secara tepat sama pentingnya dengan menentukan harga yang tepat atau menanamkan pengaman kelembagaan yang memadai untuk pembangunan infrastruktur. Penjelasan inovatif ini sangat berguna bagi para pembelajar Asia Tenggara, pemangku kebijakan, dn berbagai pihak yang memiliki perhatian pada dinamika ekonomi politik pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Diskusi ini akan menghadirkan tiga pembicara, antara lain Syamsul Ma’arif, ST., M.Eng. Wakil Rektor I Universitas Proklamasi 45, Akhmad Akbar Susamto, S.E., M.Phil., Ph.D Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada dan Achmad Choirudin Penerjemah Buku, INSISTPress. 

Peserta terbuka untuk umum dan tidak berbayar. Konfirmasi kehadiran dapat melalui tautan berikut:

Judul Buku: Menaja Jalan: Ekonomi Politik Pembangunan Infrastruktur Indonesia
Penulis: Jamie S. Davidson
Penerjemah: Achmad Choirudin
Penyunting Ahli: Noer Fauzi Rachman
Ukuran & Tebal: 14 x 20 cm; xviii + 475 hlm.
Edisi: Cetakan pertama, 2019

Sumber: Cover belakang buku Menaja Jalan: Ekonomi Politik Pembangunan Infrastruktur Indonesia

(Visited 169 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 26 Februari 2020
Close