Ditulis oleh 3:16 pm KALAM

Doa Yang Baik

Sekali lagi, semua kejadian di atas dunia adalah kehendak Allah SWT, tetapi bisa jadi kejadian tersebut atas permintaan manusia.

Assalamu’alaikum ww

Mari kita Renungi
Di dalam Surat Al Isra, potongan ayat 7 yang berbunyi:

إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

Artinya: jika kamu berbuat kebaikan, maka kebaikan itu akan kembali kepada diri kalian, sebaliknya bila kamu berbuat kejahatan, maka kamu akan merasakan balasannya.

Saya yakin pembaca sudah tahu banyak tentang hal ini, anggap ini sebagai pengulangan pelajaran saja.

Sahabat, salah satu kebaikan adalah doa yang baik. Doa kebaikan tentu bisa untuk siapa saja, untuk keluarga, untuk sahabat, untuk orang-orang seiman di seluruh dunia dan sebagainya.

Mari selipkan doa untuk keluarga, sedikit doa untuk teman kita misal mintakan kesehatannya setiap selesai sholat, insya Allah kita akan selalu sehat. Ini artinya doa kita kembali ke kita juga. Dan jika kita di uji dengan suatu penyakit kita hendaknya bersabar, karena bisa jadi penyakit sebagai penggugur dosa kita.

 مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللَّهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Dan doa kita akan cepat dikabulkan Allah, jika kita mendoakan anak atau sebaliknya.anak mendoakan orangtua.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah No. 3862. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Riwayat ini menyebutkan bahwa doa baik orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab

Maka iringi perjuangan anak untuk memperolah cita-citanya, terus menerus.

Lalu bagaimana dengan mendoakan yang tidak baik? Hati2, Allah juga akan mengabulkannya. Kita tidak tau rahasia Allah. Bisa jadi apa yang terjadi sekarang karena doa kita juga, ingat perbuatan kita akan kembali ke kita juga.

Sangat banyak postingan atau komen-komen di sosmed ini pasca pemilu 2019 yang masya Allah tidak sedikit yang berdoa agar AZAB ALLAH segera diturunkan. Terus terang sedih rasanya, maksudnya mungkin ditujukan pada orang-orang tertentu, tetapi setelah Allah mengabulkan apa akibatnya? (Sebelumnya saya juga pernah mengingatkan janganlah berdoa yang buruk).

Akibatnya seluruh dunia menanggungnya.

Sekali lagi, semua kejadian di atas dunia adalah kehendak Allah SWT, tetapi bisa jadi kejadian tersebut atas permintaan manusia.

Wallahua’lam bishowaf.

Wassalamu’alaikum ww.

(Visited 93 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 3 Juni 2020
Close