27.4 C
Yogyakarta
21 Oktober 2021
BENTARA HIKMAH
KABAR

Generasi Milenial, IT, dan Masa Depan

Generasi milenial dalam perkembangan teknologi informasi merupakan generasi yang tumbuh bersama dengan kemajuan teknologi pada perkembangan zaman di era globalisasi. Generasi yang mampu mengakses berbagai informasi dan perkembangan dunia teknologi. Generasi yang bisa dikatakan generasi yang serba cepat dalam memberi informasi dan menciptakan teknologi yang mampu mengubah segala sesuatu menjadi lebih efisien.

Sebagai generasi milenial kita tidak bisa lepas dan menolak akan perubahan inovasi-inovasi teknologi yang semakin berkembang setiap saatnya. Mengubah menjadi lebih baik dan dituntut untuk melek akan teknologi yang telah berkembang. Saat ini adalah era milenial. Suatu masa yang lebih memiliki pemikiran dan wawasan yang lebih kuat. Mengapa? Karena akses internet dan informasi lebih mudah didapat serta adanya peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital.

Teknologi juga membuat para generasi internet tersebut mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Saat ini, media sosial telah menjadi platform pelaporan dan sumber berita utama bagi masyarakat. Generasi millenial lebih mampu memanfaatkan sosial media seperti literatur, ebook, youtube, google dll sebagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk mengembangkan pola pemikiran yang lebih matang terhadap teknologi yang berkembang.

Generasi millenial dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah lepas dari alat elektronik. Hal ini yang membuat mereka terdorong ingin mengembangkan kreativitas dan ide yang baru. Untuk terus mengubah dan men-update teknologi sesuai dengan kemajuan zaman. Hakikatnya semakin maju suatu zaman, semakin canggih pula teknologi yang telah diciptakan. Oleh karena ini pendidik perlu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk membangun dan mengembangkaan keahlian generasi milenial.

Teknologi informasi di era globalisasi ini juga memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap generasi milenial yaitu kecendurungan sekelompok generasi yang menjadi pemalas. Terkadang saat ini kebanyakan orang tidak bisa lepas dengan yang namanya smartphone. Dan setiap orang pasti memiliki elektronik ini dan membawanya kemanapun dia pergi. Namun dengan kecanggihan teknologi ini membuat mereka terkadang menjadi individu yang terlalu asyik dengan dunianya sendiri. Bahkan terkadang saat telah berhadapan dengan smartphone, akan cenderung malas jika disuruh melakukan suatu kegiatan lain.

Jadi kita sebagai generasi milenial harus mampu memilah mana hal yang positif yang dapat dimanfaatkan sebagai wawasan. Mana yang negatif dan seharusnya tidak kita pelajari. Mampu membagi waktu kita dengan kegiatan yang positif serta dapat memberikan manfaat kepada diri kita maupun kepada orang lain yang menikmati ide kreativitas atau ciptaan kita.

Saat ini yang kita perlukan adalah menguatkan pendidikan karakter terhadap generasi milenial. Agar terciptanya potensi-potensi untuk menciptakan teknologi yang bermanfaat terhadap bangsa kita. Dan tetap mempertahankan budaya-budaya yang kita miliki. Jangan sampai budaya kita bergeser dan bahkan telah tergantikan akibat adanya teknologi yang semakin maju.

Generasi milenial harus cerdas memanfaatkan dan menyampaikan segala sesuatu di media sosial dengan terus memberikan informasi yang akurat dan nyata di dalam dunia teknologi informasi. Dengan ini kita sebagai generasi milenial harus memiliki pendidikan karakter yang ditanamkan pada diri kita sejak kecil untuk mengambil tindakan serta menyikapi adanya perubahan teknologi yang lebih maju. Jangan dengan adanya kemajuan teknologi kita malah menjadi merugikan orang lain serta tidak memiliki sikap toleran terhadap orang lain.

Ayolah generasi milenial. Kita majukan bangsa kita menjadi negara dengan memiliki generasi-generasi yang cerdas dan berwawasan serta inovatif dalam teknologi informasi yang kita kembangkan. Jadilah generasi milenial yang mampu beradaptasi terhadap lingkungan dimana kita berpijak serta menjadi generasi yang produktif dalam mengembangkan teknologi informasi.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA