Ditulis oleh 11:23 pm COVID-19

Gerakan Peduli dan Bangkit Dari Covid-19

Kurang lebih dua bulan ini kita dihadapkan pada situasi yang tak terbayangkan sebelumnya. Wabah Covid-19 yang terus meluas memaksa kita membatasi gerak fisik dan mengupayakan langkah-langkah antisipasi penularan.

Pemerintah telah menyatakan wabah virus corona sebagai bencana nasional. Maka, harus ada upaya gotong royong, sinergi sumber daya dan strategi dari semua komponen bangsa menghadapi rasa cemas yang dirasakan masyarakat internasional dan tentu masyarakat Indonesia. Apalagi dari hari ke hari, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat secara signifikan. Catatan ini telah menimbulkan kepanikan dan silang pendapat yang ditimbulkan diluar konteks penanganan virus itu sendiri, bahkan menjadi komoditas politik dan ekonomi. Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan gerak masyarakat.

Kurang lebih dua bulan ini kita dihadapkan pada situasi yang tak terbayangkan sebelumnya. Wabah Covid-19 yang terus meluas memaksa kita membatasi gerak fisik dan mengupayakan langkah-langkah antisipasi penularan. Akibatnya, roda ekonomi tersumbat dan masyarakat harus bertahan di kondisi yang sulit.

Di tengah kondisi sulit tersebut, kita masih belum mengetahui secara pasti kapan wabah ini akan berakhir. Media masih santer mengabarkan bertambahnya angka penularan Covid-19, di tengah segala strategi dan upaya antisipasi sekaligus penanganan yang dilakukan oleh pemerintah, tenaga medis, hingga masyarakat luas.

Gerakan peduli dan bangkit dari Covid-19 tersebut bisa diwujudkan lewat berbagai jalan. Mulai dari upaya pencegahan secara pribadi: menaati arahan pemerintah dan otoritas kesehatan untuk tetap di rumah, menjaga jarak, sering mencuci tangan dan memakai masker, hingga melakukan gerakan-gerakan solidaritas membantu masyarakat terdampak Covid-19. Seperti memberikan dukungan pada tenaga medis serta sumbangan untuk penanganan Covid-19, membagikan makanan atau bantuan pada masyarakat terdampak, dan sebagainya.

(Visited 48 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 21 Mei 2020
Close