Hari Kebangkitan Nasional Rabu, 20 Mei 2020 Di Masa Pandemi Covid-19

Isdarmoko KEpala dinas pendidikan bantul
Dengan semangat perjuangan untuk mengatasi permasalahan Covid-19 ini dan demi terwujudnya kesejahteran masyarakat dan cita-cita nasional, marilah peringatan Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020 ini kambali kita gelorakan semangat nasionalisme Budi Utomo.

Pada saat ini kita semua sebagai warga negara dan anggota masyarakat tentu merasa sangat prihatin dengan kondisi yang sedang dialami oleh bangsa Indonesia dengan bencara non alam Covid-19 yang sudah berangsung lebih 2 bulan. Bencana ini telah banyak menimbulkan korban jiwa, mematikan berbagai aktivitas kehidupan masyarakat, menghentikan roda perekonomian dan telah mengubah tatanan kehidupan sosial dan negara, serta memunculkan berbagai dampak sosial terhadap masyarakat.

Pemerintah telah mengambil kebijakan dalam mengatasi kondisi ini bersama masyarakat, karena bencana non alam Covid-19 ini tentu merupakan tanggung jawab bersama. Berbagai hal yang audah dilakukan mulai dari penanganan langsung terhadap korban Covid-19, peryediaan sarana/fasilitas kesehatan, membatasi aktivitas masyarakat, memberikan bantuan kepada masyarakat terdarmpak, dan upaya lain yang tentu saja telah menguras anggaran negara yang sangat besar. Namun demikian, sampai saat ini perkembangan penyebaran Covid-19 masih terus semakin bertambah dan belum menunjukkan angka perurunan.

Hal ini yang menimbulkan keprihatinan mendalam dan kirarnya bisa menggugah semangat kita sama untuk bangkit dari kondisi keterpurukan agar jangan sampai lebih parah lagi, bahkan berdampak pada eksistensi NKRI. Belajar dari pengalaman sejauh perjalanan bangsa Indonesia yang tidak pemah berhenti dari kata “berjuang”. Kita semua menyadari bahwa bencana Covid-19 ini tidak akan berakhir apabila semua warga negara dan seluruh masyarakat tidak tampil dan berperan untuk mengatasinya.

Dengan semangat perjuangan untuk mengatasi permasalahan Covid-19 ini dan demi terwujudnya kesejahteran masyarakat dan cita-cita nasional, marilah peringatan Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020 ini kambali kita gelorakan semangat nasionalisme Budi Utomo. Waktu itu sudah timbul kesadaran nasional, bahwa bangsa Indonesia tidak mungkin bisa merdeka tanpa adanya nasionalisme dan persatuan nasional. Semua harus bangkit dan bersama-sama bersatu untuk melawan serta mengasir penjajah dari bumi Indonesia. Untuk perjuangan kita saat ini dengan samangat yang sama, kita harus sadar, bangkit dan bersatu melawan Covid-19 agar segera lenyap dan bumi Indonesia. Kita tidak boleh egois dan hanya mementingkan diri sendiri, tidak mempehatikan keselamatan orang lain dan juga menjaga dampaknya bagi masyarakat luas.

Pada kesempatan ini sebagai momen yang tepat untuk benar-benar menryadari bahwa penyebaran Covid-19 tidak akan berhenti kalau kita sema dan secara bersama-sama tidak melakukannya. Ayo bangkit melawan Covid-19 dengan melakukan : jaga jarak, hindari kerumunan, pakai masker, jaga kesehatan dan tingkatkan kekebalan tubuh dengan makan makanan yang sehat, istirahat cukup, olah raga teratur dan membiasakan PHBS.

(Visited 374 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020