Heroe Poerwadi: Pola Hidup di Era Covid-19, Bagian Penting Masa Mendatang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Belajar dari Covid-19, maknanya sangat luas, dan bisa diterapkan dalam banyak kehidupan atau aktivitas keseharian lainnya. Apa itu?

Pengantar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yaitu “Belajar dari Covid-19”. Redaksi arbaswedan.id meminta pandangan tokoh-tokoh pendidikan mengenai tema tersebut. Berikut ini merupakan pandangan Drs. Heroe Poerwadi, MA, Wakil Walikota Yogyakarta.


Ketika menjalani kehidupan di masa Covid-19, maka yang terbayang kemudian adalah hukum Darwin, survival of the fittest. Belajar dari Covid-19, maknanya sangat luas, dan bisa diterapkan dalam banyak kehidupan atau aktivitas keseharian lainnya. Apa itu? Membiasakan hidup pada kondisi darurat ini, dan ternyata bisa dilakukan, dan sejumlah hal yang baik tersebut, bisa dijadikan kehidupan normal yang baru. Kehidupan terpaksa karena Covid-19, bisa gaya hidup baru di masa normal.

Banyak hal baru, baik, manfaat dan bermakna baru sebagai komplementer sosial yang akan
melengkapi kehidupan normal baru, di masa mendatang. Work from home, meeting online, webinar, sekolah dari rumah dan pola hidup sehat dan bersih. Sudah saatnya fenomena kehidupan di Covid-19, bisa dipikirkan untuk menjadi bagian penting pada masa mendatang.

Jikalau sebelum Covid-19, disruption itu dibangun dan diciptakan untuk perbaiki canang kehidupan keseharian kita. Saat ini, alam telah mendisrupsi kehidupan manusia. Kita harus mampu beradaptasi dan tetap eksis dengan memberikan manfaat dan makna yang baru bagi kehidupan manusia. Manusia yang bisa eksis dalam dunia yang terdisrupsi alam inilah yang akan eksis di kondisi normal yang baru nanti.

Baca juga: Rektor UPGRIS: Pendidikan Tidak Boleh Berhenti Karena Covid-19

Di masa Covid-19, ketika kita menjalaninya dengan sekedarnya saja, maka kita semua tidak mendapatkan apa-apa, dan tidak memberikan manfaat serta tidak menciptakan hal dan makna baru. Kemarin memang banyak sekolah, kampus, guru, dosen dan anak didik atau mahasiswa belum siap mengajar dari disrupsi alamiah ini. Sehingga bekerja dan belajar dari rumah banyak dijalankan sekedarnya saja. Tetapi yang kemudian mampu beradaptasi dan memberi sentuhan prinsip dan mekanisme yang baru, maka Covid-19 akan menciptakan kehidupan manusia yang baru. Bukan mengubah tata laku dasar kehidupan manusia yang sosial, tetapi mampu melengkapi kehidupan baru dengan kebiasaan baru yang positif di masa normal nanti, yaitu menuju dunia normal baru. Dan itu harus kita ciptakan.

Selamat hari pendidikan nasional, semoga pengalaman mengalami masa Covid-19, menjadikan kehidupan kota ke depan menjadi lebih baik. Kita harus memahami seleksi alam ala Darwin dalam perspektif yang baru.

Redaksi arbaswedan.id

Redaksi arbaswedan.id

Terbaru

Ikuti