Ditulis oleh 9:13 am KABAR

Hidroponik Menjadi Alternatif Untuk Pertanian di Lahan Sempit

Bukan hanya efisien tempat tapi juga efektif dalam perawatan tanaman pada masa budidaya.

Pada era saat ini, lahan pertanian di indonesia semakin sedikit. Sebab, lahan pertanian di era saat ini sudah banyak beralih fungsi menjadi pemukiman warga atau bahkan mall. Sistem hidroponik adalah salah satu solusi/alternatif untuk bercocok tanam meski di lahan sempit. Hidroponik dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah atau medianya menggunakan air bukan tanah.

Mulai tahun 1982 hidroponik mulai diterapkan di Indonesia. Pada tahun ke tahun hidroponik belum banyak di terapkan oleh petani yang sudah lanjut usia. Karena, para petani yang sudah lanjut usia biasanya masih memegang teguh kepercayaannya kepada leluhurnya. Dan biasanya yang menerapkan sistem hidroponik ini kebanyakan adalah para petani muda yang kita ketahui lebih kuat dalam bertani dan mudah memahami dalam menerima inovasi-inovasi baru. Namun mulai tahun 2014 sistem hidroponik ini sudah banyak diterapkan di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Pada sistem hidroponik ini banyak sekali kelebihannya adalah :
Penggunaan lahan lebih efisien, karena tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah. Kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih. Penggunaan pupuk dan air lebih efisien. Pengendalian hama dan penyakit lebih mudah. Namun di setiap ada kelebihan tentu ada kekurangan.

Kekurangan dari sistem hidroponik adalah :
Membutuhkan modal yang besar pada awal penggunaan. Pada kultur substrat, kapasitas memegang air media substrat lebih kecil daripada media tanah sehingga akan menyebabkan pelayuan tanaman yang cepat dan stres yang serius.

Dengan sistem hidroponik, maka tanaman relatif lebih cepat tumbuh kembang karena unsur hara dalam larutan dapat secara optimal dimanfaatkan sepenuhnya oleh tanaman. Sehingga daun lebih lebar, daging buah lebih besar dan kokoh.

Sebab dari itulah sistem hidroponik dikatakan sangat cocok dan dikatakan sebagai alternatif untuk pertanian di lahan sempit. Bukan hanya efisien tempat tapi juga efektif dalam perawatan tanaman pada masa budidaya. Karena, pengendaliannya sangat mudah dari pembibitan, penanaman, pengendalian hama pemanenan dan lain sebagainya benar- benar sangat efisien dan efektif dalam pertanian di lahan sempit.

Benar-benar sangat disarankan untuk kita yang tidak punya lahan, namun ingin bercocok tanam. Bukan hanya tidak punya lahan tetapi juga untuk kita yang kurang mampu dalam bercocok tanam ini, sisitem hidroponik ini bisa digunakan.

(Visited 109 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 8 Juni 2020
Close