Ditulis oleh 9:30 am COVID-19

Hindari Hal ini, Agar Imun Tubuh Tidak Menurun

Saat social distancing yang mengharuskan kita berada di rumah, membuat ritme hidup menjadi berubah. Namun, jangan lakukan hal berikut agar imun tubuh tidak turun.

Social distancing dengan tinggal di rumah dan menjaga kebersihan, baik tangan maupun rumah merupakan usaha agar kita tidak terpapar Covid-19. Namun, menjaga Imun tubuh yang kuat menjadi salah satu senjata utama dalam memerangi infeksi virus corona.

Kita sudah sangat sering mendengar bagaimana memperkuat imun tubuh. Sebut saja dengan makan sayuran, berjemur di bawah sinar matahari, konsumsi Vitamin C, bahkan minum empon-empon (jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya). Hanya saja Social distancing dengan mengharuskan kita di rumah, membatasi diri berinteraksi dengan orang lain, kadang malah membuat imunitas tubuh menjadi menurun.

Nah, ini ada beberapa hal yang harus kita hindari agar tidak menurunkan imunitas tubuh:

1. Mager alias Malas Gerak
Penerapan social distancing membuat kita harus lebih banyak di rumah. Berkerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah. Hal ini membuat aktivitas tubuh menjadi berkurang. Menurut Dokter Andi Kurniawan, spesialis kedokteran olahraga, seperti dilansir CNNIndonesia.com, work from home atau kerja dari rumah identik dengan sedentary lifestyle, kurang gerak. Malas gerak (mager) berisiko meningkatkan berat badan dan bisa menurunkan kekebalan tubuh. “Kita kurang gerak malah menurunkan imun kita sehingga meningkatkan risiko infeksi,” kata Andi.

Oleh karena itu dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang. Dengan begitu hormon stres akan terlepas sehingga menurunkan inflamasi, microbial killing, juga meningkatkan sitokin atau sel imunitas tubuh.

2. Konsumsi Gula Berlebih
Di rumah terus ada kecenderungan kegiatan makan menjadi bertambah. Apabila tidak dikendalikan, membuat gula yang masuk ke tubuh menjadi berlebih. Kekebalan tubuh berhubungan dengan mikroflora usus. Menurut Rita Ramayulis, Ahli gizi, masih dikutip dari CNNIndonesia.com, menjelaskan keseimbangan bakteri baik maupun bakteri jahat di usus berperan penting dalam pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Akan tetapi salah satu kebiasaan yang bisa menurunkan mikroflora usus ialah konsumsi gula berlebih. Dia menganjurkan konsumsi gula di bawah 5 persen dari energi total atau jika dihitung sekitar 26 gram.

“Kita enggak bisa tutup mata dengan kuliner kekinian. Kita hitung-hitungan gulanya, ternyata luar biasa. Gula ini disukai bakteri jahat dan bisa menekan jumlah bakteri baik, kemampuan sel darah putih jadi lemah,” kata Rita.

3. Tidak Terkena Sinar Matahari
Sudah banyak yang mengatakan bahwa untuk sinar matahari baik untuk kekebalan tubuh. Oleh karena itu, himbauan untuk tetap di rumah, bukan berarti tidak keluar rumah sama sekali. Sebaiknya sesekali keluar rumah untuk memperoleh paparan sinar matahari. Sinar matahari mendukung produksi vitamin D yang berguna untuk kekebalan tubuh. Sinar matahari di pukul 10.00-14.00 baik untuk kekebalan tubuh dan cukup dilakukan 10-15 menit.

4. Stres
Melihat situasi yang terjadi saat ini wajar apabila kita khawatir. Hal ini bisa memicu stres, namun harus diingat stres dapat membuat imun tubuh kita menjadi menurun. Ketika stres dan panik tubuh akan melepaskan kortisol ke aliran darah (lihat Kontan.com). Kondisi ini bisa menekan sistem imun pada tubuh dan membuat kita menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Jika berada dalam situasi stres, cara terbaik adalah mencoba keluar dari situasi tersebut dan beribadah, untuk menenangkan syaraf Anda. 

5. Begadang
Banyak waktu di rumah membuat kita dapat melakukan banyak hal. Bermain bersama anak-anak disiang hari dan mengerjakan pekerjaan di malam hari. Atau menghabiskan waktu menonton film dihingga larut malam. Perlu diingat, kita memerlukan tidur 6-8 jam sehari.  Tubuh memerlukan waktu membangun kekuatan untuk mengatasi peradangan dan infeksi, itu dilakukan selama kita tidur. Durasi tidur memang berbeda bagi setiap orang. Namun, ketika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, sebaiknya beristirahat.  Untuk membantu lebih mudah tidur di malam hari, simpanlah peralatan digital apapun satu jam sebelum tidur.

(Visited 77 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 4 April 2020
Close