Ditulis oleh 3:12 pm MAKLUMAT

Ikuti Kuliah Pembangunan dan Lingkungan Hidup Bersama Prof. Dr. M Baiquni, MA

Pembangunan juga telah mengikis daya dukung lingkungan. Daya dukung lingkungan merupakan kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain. Akibatnya….

Yayasan Abdurrahman Baswedan kembali menyelenggarakan kuliah serial yang kali ini akan mengangkat tema Pembangunan dan Lingkungan Hidup. Kuliah akan diampu Prof. Dr. Muhammad Baiquni, MA, Guru Besar Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Perkuliahan akan berlangsung empat pertemuan setiap pekan, yang dimulai 2 Maret 2020, pukul 15.30 di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan, Perumahan Timoho Asri IV, No. B9C, Muja Muju Yogyakarta.

Tema perkuliahan kali ini sangat menarik. Pembangunan dan lingkungan hidup terkadang tidak dapat berjalan beriringan dengan baik. Pembangunan selalu dianggap sebagai ancaman bagi kelestarian alam. Selama ini, pembangunan memang memberikan dampak terhadap kerusakan lingkungan. Berbagai masalah lingkungan akibat pembangunan ekonomi sudah kita rasakan saat ini. Sebut saja persoalan sampah dan pencemaran udara yang kini menjadi keseharian. Bencana banjir, tanah longsor seakan-akan telah menjadi persoalan biasa.

Pembangunan juga telah mengikis daya dukung lingkungan. Daya dukung lingkungan merupakan kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain. Akibatnya semakin merosotnya daya dukung lingkungan adalah semakin jauhnya kualitas hidup manusia. Bahkan alam dapat berubah menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup manusia maupun makhluk hidup lain. 

Lalu, pertanyaannya bagaimana kebijakan pembangunan yang diambil pemerintah saat ini, apakah sudah sensitif terhadap kelestarian alam? Model pembangunan seperti apa yang ramah lingkungan? 

Berbagai pertanyaan tersebut akan menjadi point diskusi yang menarik dalam kuliah Pembangunan dan Lingkungan Hidup ini. 

Kuliah ini terbuka untuk umum dan gratis. Pendaftaran peserta melalui tautan:  bit.ly/daftarkuliahlingkungan

(Visited 102 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 26 Februari 2020
Close