30.1 C
Yogyakarta
21 September 2021
BENTARA HIKMAH
COVID-19

Jangan Menjadi Agen Penular Virus

Oleh: dr. Bambang Edi Susyanto, Sp.A., M.Kes (BES Jogja)

Assalamu’alaikum Wr Wb

Semoga sahabat semua selalu sehat dan ‘afiyat …

Ada kecenderungan perubahan sifat virus (Corona) dan penyakitnya (Covid). Itu sebabnya anjurannya sekarang masker untuk semua.

Anda boleh saja tidak takut tertular tapi takutlah menjadi penular, takutlah menjadi bagian dari penyebab masalah bagi orang lain. Masalahnya sekarang ini kita tidak tahu siapakah di antara kita yang sudah membawa virus itu di dalam tubuhnya .

Apa yang disunnahkan Nabi SAW dan dipraktekkan sahabat yang mulia Umar bin Khotthob bahkan lebih dekat dengan lockdown, namun karena PSBB sudah jadi pilihan maka suskeskanlah PSBB.

https://www.instagram.com/p/B-tbg2SglEN/?utm_source=ig_web_copy_link

Hindari kerumunan termasuk di masjid adalah bagian dari ikhtiar dan tawakkal kita kepada Allah karena tawakkal itu dengan mengambil sebab. Ulama dari berbagai organisasi Islam sudah fatwakan agar sholat di rumah . (Sholluu fii buyuutikum…/sholluu fii rihaalikum). Pemerintah sudah menghimbau (harusnya meregulasi secara tegas). Dokter sudah mengingatkan….Nah kalau kita bukan ulama, bukan dokter atau bagian dari pemerintah …mengapa kita harus membuat fatwa sendiri ?

Ribuan sahabat Nabi yang lebih sholih daripada kita juga kena wabah.
Apakah kita masih terlalu percaya diri bebas dari Covid? Maaf itu cenderung pada kesalahan memahami konsep Islam atau bahkan suatu kesombongan.

Mari bersatu melawan Corona. Kepada Allah saja kita bertawakkal dan meminta pertolongan . Laa haula wa laa quwwata illaa billah..

Wassalamu ‘alaikum wrwb

Penulis: Fakultas Kedokteran UMY Yogyakarta

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA