Ditulis oleh 7:10 am KABAR

Kapitalisme Membunuh Lingkungan dan Pada Akhirnya Membunuh Semuanya

Kapitalisme tidak pernah compatible dengan ekosentrisme (keselamatan lingkungan), karena kapitalisme itu sejak lahir adalah keserakahan watak antroposentrisme. Krisis lingkungan telah jelas sebagai akibat dari kapitalisme. Kapitalisme membuat siapapun menikmati konsumerisme dan berlanjut dengan kesenangan konsumerisme maka mereka tidak sadar bahwa mereka tereskploitasi dan mengeksploitasi kelompok miskin dan lingkungan hidup.

Demikian beberapa poin penting yang disampaikan David Efendi dari Kader Hijau Muhammadiyah dalam Diskusi Buku rutin Yayasan Abdurrahman Baswedan, Jum’at, 24 Januari 2020 di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan, Perumahan Timoho Asri IV, No. B9C, Yogyakarta. Selain David, hadir pula Dr. M. Ja’far Luthfi dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga sebagai pembicara.

Kapitalisme, lanjut David, sering pura-pura/pencitraan pro lingkungan dalam rangka meningkatkan akumulasi kapitalinya: Kapitalisme memerlukan citra positif untuk menangkal citra negatif. Maka, standard kemudian disusun untuk menentukan nilai terkait pelestarian lingkungan hidup. Maka, istilah ‘keberlanjutan’ ‘green;’, ‘organic’ dam lainnya, menjadi umum digunakan bagi banyak merek dagang.

Materi lengkap David Efendi dapat dilihat di bawah ini:

kapitalisme-membunuh-lingkungan-dan-akhirnya-membunuh-semua

(Visited 58 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 3 Februari 2020
Close