24.1 C
Yogyakarta
16 September 2021
BENTARA HIKMAH
COVID-19

Kearifan Lokal Menghadapi Wabah

Amat mengharukan sekaligus membanggakan, jika mendengar berita bangkitnya inisiatif warga di dusun-dusun. Pertama, inisiatif untuk menyebarkan pesan-pesan utama, seperti menjaga jarak fisik dan cuci tangan. Kedua, inisiatif untuk mengurangi kegiatan yang melibatkan orang banyak. Ketiga, inisiatif untuk melakukan isolasi wilayah.

Dan Keempat, ada berita dari Purbalingga, dari Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah, mengambil langkah untuk memutus akses masuk dan keluar satu dusun di wilayahnya. Tidak hanya itu, Pemdes juga mengalokasikan sejumlah pos di Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) untuk menanggung biaya hidup seluruh warga dusun (Lihat Kompas.com).

Ada banyak inisiatif yang tidak terekam oleh media publik. Pemberitaan itu sendiri merupakan hal baik, untuk menjadi inspirasi bagi mereka yang ada di luar desa, agar dapat melakukan hal yang sama, karena hanya dengan itulah masalah besar yang mengancam keselamatan bangsa dapat diatasi.

Langkah desa tersebut dapat dilihat sebagai manifestasi dari nilai-nilai lokal, yang bersumber pada semangat kemanusiaan dan keselamatan dan keselarasan hidup dengan alam. Ketika terjadi suatu masalah yang tidak ada rujukan hukumnya untuk agar dapat diambil tindakan publik (kebijakan), maka desa akan kembali pada nilai-nilai keutamaan.

Seperti dalam kasus desa di Gunung Wuled, tentu saja wabah bukan merupakan bagian dari apa yang dibayangkan sebelumnya. Mungkin dana telah disiapkan untuk membangun infrastruktur desa. Namun karena keadaan genting dan membutuhkan langkah drastis, maka pemerintah desa, mengambil langkah kemanusiaan yang luar biasa, yakni mengubah alokasi anggaran.

Langkah seperti ini, merupakan langkah baik yang amat perlu diperbanyak. Karena langkah model tersebut merupakan tindakan bijaksana yang meningkatkan kemampuan bersama dalam menghadapi wabah. Sebagai bangsa kita optimis, mengingat setiap daerah memiliki kearifan lokal sendiri-sendiri. Dan dengan kearifan tersebut tentu akan terbit inisiatif drastis yang membanggakan dan menambah rasa percaya diri kita sebagai bangsa dalam menghadapi situasi sulit ini.

(Tim Redaksi)

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA