Ditulis oleh 2:45 pm KABAR

Kemerosotan Kapitalisme Buat Supremasi Barat Makin Memudar

Inilah yang menjadi pertanyaan sekarang ke mana arah polarisasi hegemoni ini?

Merosotnya kredibilitas kapitalisme menjadi salah satu penyebab kian memudarnya supremasi barat.

Berbagai tanda makin merosotnya kapitalisme antara lain adanya ketimpangan pendapatan antara kelas atas dan kelas pekerja. “Parahnya ketimpangan pendapatan di AS menyebabkan terjadinya gerakan Occupy Wall Street 2011. Dimana 20% kelas atas atas kuasai 51% pendapatan masyarakat AS,” jelas Prof. Dr. Bambang Cipto, MA Guru Besar Universitas Muhammadiyah dalam diskusi buku Memudarnya Supremasi Barat di Tengah Kebangkitan Asia.

Diskusi buku secara online yang diselenggarakan Yayasan Abdurrahman Baswedan, Jum’at, 19 Juni 2020 itu menghadirkan narasumber Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, sebagai penulis buku, Ir. Muslich Zainal Asikin, MBA., MT., ATU, Direktur Abhiseka Research Center dan CEO PIRI Islamic Fondation dan Dr. Wachid Ridwan, Sekretaris Lembaga Hubungan Luar Negeri PP Muhammadiyah.

Penyebab dari kemerosotan kapitalisme ini, menurut Joseph Stiglitz, adalah pemerintah AS yang teralu berpihak pada orang kaya.

“Perusahaan-perusahaan menekan gaji serendah mungkin. Selama 40 tahun tak ada kenaikan gaji pokok. Sedangkan 2.000 milyuner menumpuk kekayaan dan 10.000 orang paling miskin meninggal setiap hari karena tak sanggup bayar ongkos kesehatan,” jelas prof. Bambang Cipto.

Dr. Wahid Ridwan salah satu pembicara memberikan pandangannya terhadap buku karya Prof. Bambang Cipto ini. Menurutnya, membaca buku tersebut seolah kita dibawa oleh Prof Bambang untuk berfikir analitis terhadap perkembangan dan sekaligus perubahan arah perjalanan aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dalam percaturan global.

“Level analisis dalam setiap bab buku ini menjelaskan peran negara dalam mencari kedaulatan pada pola hegemoni dunia yang berkutub dua. Sampai saat ketika Uni Soviet runtuh sehingga memunculkan single polar. Inilah yang menjadi pertanyaan sekarang ke mana arah polarisasi hegemoni ini?,” jelas Wahid Ridwan.

Paparan Prof. Bambang Cipto dalam diskusi buku, dapat dibaca secara lengkap di bawah ini.

20.6.6.-Supremasi-Barat-Redup-19-6-20

Di bawah ini merupakan presentasi Dr. Wahid Ridwan.

After-Hegemony

(Visited 50 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 20 Juni 2020
Close