Ditulis oleh 8:57 am KABAR

Ketahanan Pangan Basis Keluarga

Bahwasanya ketahanan pangan mandiri berbasis keluarga harus dijalankan.

Pangan merupakan kebutuhan utama untuk berlangsungnya kehidupan yang ada di bumi khususnya kelangsungan hidup manusia sebagai makhluk sosial . Pemenuhan gizi serta menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi fit. Peran keluarga dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku makan yang dihasilkan oleh setiap keluarga, supaya perputaran ekonomi masyarakat lokal terus berjalan .

Ketahanan pangan itu sendiri pemerintah juga belum mampu mencukupi semua komoditi pangan yang diperlukan oleh masyarakat lokal.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia kami mempunyai gagasan. Bahwasanya ketahanan pangan mandiri berbasis keluarga harus dijalankan. Demi memenuhi kegiatan masyarakat dan mampu menciptakan bahan komoditi pangan yang dapat diproduksi oleh perumahan yang terjamin kualitasnya. Seperti model pertanian organik dan tanaman perkarangan rumah yang mampu memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dan masyarakat.

Manfaat dari ketahanan pangan mandiri yakni mampu menjadikan masyarakat lebih produktif khususnya dalam bidang pertanian masyarakat lokal. Manfaat lain dari pertanian yang berbasis keluarga, mampu memberikan keuntungan ke depannya apabila suatu saat harga di pasaran melambung di pasaran maka tidak akan berdampak pada keluarga yang menjalankan pertanian di pekarangan maupun lahan milik keluarga.

Pada bidang pertanian khususnya pada komoditi pangan sangat ditegaskan oleh presiden RI. Bahwasanya program nawa cita pada bagian utama adalah ketahanan pangan yang berdaulat supaya masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang bervarian dan bergizi. Serta varian makanan tersebut menjadi salah satu induk sumbergizi masyarakat. Sebagai kesimpulan bahwasanya pertanian tingkat kampung yang mampu menyediakan bahan pangan yang bergizi untuk keluarga dan masyarakat lokal saling melengkapi kebutuhan pangan satu sama lain.

Wis wayahe tiap keluargo biso nyukupi pangan secara mandiri lan bergizi

(Visited 30 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 7 Juni 2020
Close