Ditulis oleh 7:48 pm KABAR

Kita Harus Kerjasama Untuk Mengalahkan Virus Corona

Virus memberikan hikmah membuat kita hidup lebih bersih dan sehat

Covid-19 atau yang akhir-akhir ini lebih dikenal sebagai virus corona merupakan satu dari sekian banyak wabah atau pandemi yang pernah ada di dunia yang menjadi sesuatu yang sangat mengkhawatirkan sekaligus menjadi momok yang menakutkan bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Virus corona jenis baru ini dikatakan muncul pertama kali di Wuhan China. Akibat munculnya virus ini hampir semua aspek penting dalam kehidupan menjadi kacau.

Misalnya aspek ekonomi yang berantakan, hal ini dibuktikan dengan semakin menguatnya nilai dollar terhadap rupiah. Aspek sosial pun mengalami dampak yang cukup signifikan. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya social distancing/physical distancing yang berarti harus menjaga jarak satu sama lain. Dan masih banyak aspek lain yang menjadi tidak stabil atau normal seperti biasanya. Virus ini sudah membawa banyak perubahan baik yang bersifat negatif ataupun positif. Hal yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan menjaga jarak fisik antara satu dengan yang lain untuk meminimalisir terjadinya kasus baru dan juga memutus rantai penyebaran virus.

Pada paragraf satu sudah dijelaskan sedikit mengenai deskripsi dari virus corona atau Covid-19 yang lagi ramai belakangan ini. Selanjutnya saya akan membahas atau menjelaskan bagaimana optimisme saya dalam menghadapi virus ini. Pada awal kemunculan virus ini dunia sangat dikejutkan dengan berita atau pun kabar yang dilaporkan yang sangat mengerikan akibat keganasan dari virus corona jenis baru ini. Hal ini sontak membuat kepanikan di semua kalangan masyarakat. Tidak hanya kepanikan, ketakutan mulai menggerogoti pikiran masyarakat yang mengganggap bahwa virus ini akan mengambil nyawa mereka dalam hitungan menit. Bahkan banyak masyarakat juga yang menganggap bahwa ini adalah tanda-tanda akhir zaman atau kiamat.

Apakah masyarakat salah karena punya pemikiran seperti itu?. Saya rasa tidak, karena wajar berita atau kabar yang beredar di masyarakat masih sangat terbatas dan juga belum banyak penelitian yang mengungkapkan fakta lain dari virus ini. Jumlah pasien yang diberitakan atau dipublish hari ke hari semakin bertambah dan menjadi sangat banyak. Hal ini juga yang menyebabkan intesitas kepanikan menjadi sangat tinggi dan merajalela dimana-mana. Namun, setelah penelitian yang baru bermunculan dan banyak juga sumber yang membagikan hal tersebut sekaligus mempublikasikan untuk dibaca atau ditonton oleh banyak orang dari situlah optimisme saya muncul.

Saya mencoba melihat sesuatu dari dua sisi termasuk hal yang berkaitan dengan virus ini. Saya mulai membaca beberapa literatur yang menjelaskan sisi lain dari virus corona ini untuk menambah wawasan saya sehingga saya mampu memfilter apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang seharusnya saya lakukan untuk menghadapi virus ini. Selain membaca saya juga menonton konten-konten yang membahas tentang virus corna ini dan terbukti pikiran saya menjadi lebih terbuka. Saya mendapatkan hal baru yang membuat saya yakin bahwa saya, negara Indonesia maupun dunia bisa menghadapi pandemi atau wabah yang sedang terjadi sekarang ini.

Penelitian terhadap virus corona mulai menemui harapan baru bahwa ada senyawa-senyawa atau obat yang diyakini dan terbukti dapat menyembuhkan orang yang telah positif virus corona. Hal semacam ini lah yang perlu didorong untuk menurunkan bahkan menghilangkan rasa cemas atau kepanikan yang dialami seseorang agar dia dapat menjalani kehidupan normalnya kembali. Berbagai upaya terus dilakukan untuk memerangi virus corona yang sangat ganas ini.

Saya pun semakin optimis bahwa virus atau wabah ini akan segera berakhir karena kerjasama semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan tetap berjaga jarak serta merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Yaitu dengan sering mencuci tangan dan mengonsumsi makanan yang bergizi demi meningkatkan imunitas tubuh yang baik untuk melawan virus corona. Kita harus tetap bekerja sama agar virus ini dapat dikalahkan dan kita bisa menjalani aktifitas normal kita masing-masing.

Harapannya adalah agar kita harus banyak belajar dari wabah atau pandemi Covid-19 ini yaitu kita tidak boleh menganggap remeh akan sesuatu termasuk virus. Kita juga perlu berterima kasih kepada virus ini karena hal positif yang dapat diambil adalah perubahan pola hidup kita yang menjadi lebih bersih dan sehat serta sekaligus mengurangi polusi terlebih khusus di di perkotaan yang notabene sangat padat baik oleh penduduk maupun jumlah kendaraan. Kita harus mendukung program dan anjuran pemerintah dalam mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus corona ini. Dan yang terpenting adalah kita harus percaya dan meyakini bahwa virus corona ini akan segera berakhir. Dan juga kita perlu mengontrol stres kita agar sistem imun kita tetap stabil dan akan terus meningkat sehingga mampu membunuh virus corona.

(Visited 24 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 20 Mei 2020
Close