Ditulis oleh 8:22 am COVID-19

Kontribusi Spiritual dan Material Baznas Kota Yogyakarta Dalam Melawan Pandemi Covid-19

Sebagaimana tertuang dalam Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 291 Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kota Yogyakarta, bahwa tujuan pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta antara lain mempercepat penanganan COVID-19 melalui sinergi antar lembaga di Kota Yogyakarta, meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran COVID-19, meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah mendeteksi dan merespon terhadap COVID-19.

BAZNAS Kota Yogyakarta merupakan lembaga pemerintah non stuktural yang dibentuk berdasarkan UU 23/2011 dan PP 14/2014, memiliki tugas pokok mengelola zakat, infaq, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya (ZIS DSKL) sesuai ketentuan syar’i dan regulasi dengan azas pengelolaan yang amanah, profesional dan transparan.

Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta, Drs. H. Syamsul Azhari, menjelaskan bahwa sebagai lembaga yang ada di Kota Yogyakarta, BAZNAS Kota Yogyakarta berkewajiban turut serta secara aktif mendukung keberhasilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta yang telah dibentuk oleh Walikota Yogyakarta dimana Gugus Tugas memiliki tujuan yang sejalan dengan tujuan BAZNAS Kota Yogyakarta yakni salah satunya berkhidmat untuk kemaslahatan umat.

Kemaslahatan umat/masyarakat dimaksud tidak hanya bagi umat kurang mampu tetapi juga yang mampu, tidak hanya pada aspek materi/lahiriah tetapi juga spiritualitas/rohani. Menyatu dalam penguatan ekonomi maupun penguatan iman/rohani. Kontribusi aghniya dalam bentuk zakat/infaq hakikatnya kembali pada dirinya, selain bermanfaat bagi penerima, yakni menjadikan mereka hatinya tenang, hartanya barokah dan diri serta keluarga sakinah (QS.at-Taubah:103). Penerima/mustahiq, tidak hanya sekedar bisa memenuhi kebutuhan ekonominya, tetapi dengan zakat/infaq yang diterima akan termotivasi pada saatnya bisa memberi kepada orang lain.

Drs. H. Syamsul Azhari menyampaikan, bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta telah melakukan berbagai program dan kegiatan membantu pemerintah dalam mengatasi virus corona. Program penguatan spiritualitas, selama bulan Ramadhan 1441 H meliputi: 1) Live streaming Madrasah Al Qur’an setiap Rabu dan Jum’at jam 15.00 s/d 16.00 WIB dengan ustadzah Hj. Rita Maisyaroh, S.Ag., 2) Live streaming Kisah Islami Anak Sholeh (KIAS) setiap hari jam 16.00 s/d 17.00 bersama Kak Adin dan Kak Astuti. Tausiyah Ramadhan kerja sama dengan DMI DIY, MUI dan DMI Kota Yogyakarta via zoom. Tausiyah Ramadhan melalui RRI Yogyakarta dan Radio Retjo Buntung setiap Jum’at jam 17.00 dan 21.00 WIB dan Live ADi TV pada tanggal 5 dan 19 Ramadhan.

Adapun program dan kegiatan pencegahan penularan dan penguatan ekonomi meliputi: penyemprotan disinfektan di masjid/mushola, sekolah/madrasah, panti/pesantren dan fasilitas umum di 243 tempat. Membagi masker kepada masyarakat melalui Bagian Tapem dan Kesra Setda Kota Yogyakarta sejumlah 20.000 masker, pembagian tribako sejumlah 280 paket hasil sinergi dengan HKTI DIY dengan sasaran tukang becak, pedagangan asongan dan petugas parkir.

Pembagian telor ayam sejumlah 28.980 butir, sinergi dengan PT. CPI, PT. WMU, HKTI DIY dan Fak. Peternakan UGM, ditasharufkan/distribusikan kepada Pondok Pesantren, Panti Asuhan, Majelis Difabel, Rumah Singgah dan jamaah masjid melalui DMI Kecamatan se-Kota Yogyakarta. Pembagian paket bahan sahur dan takjil Ramadhan 1441 sejumlah 2.150 paket untuk ustadz/aktifis dakwah, penjaga masjid, kaum rois/mbah kaum, penjaga/penggali makam dan pegawai honor instansi/sekolah/madrasah.

Menurut Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta, sekurangnya empat (4) item bantuan dalam bentuk barang, kalau dinilai dalam bentuk uang sejumlah kurang lebih Rp. 667.320.000 (enam ratus enam puluh tujuh juta tiga ratus dua puluh ribu). Jumlah tersebut insyaallah masih akan terus bertambah, karena dalam bulan Ramadhan ini BAZNAS Kota Yogyakarta menggalang donasi dalam bentuk zakat, infaq dan sedekah yang peruntukannya diprioritaskan untuk mendukung pemerintah dalam pencegahan wabah Covid-19.

(Visited 60 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 7 Mei 2020
Close