Ditulis oleh 2:17 pm COVID-19

Krisis Ekonomi Akibat Covid-19 Mendunia

Pandemi Covid-19 merupakan peringatan agar menjadi pembelajaran hidup ke depan.

Menghimbau Untuk Bersedekah.

Tidak terbayangkan sebelumnya akan terjadi keadaan seperti yang sedang kita jalani sekarang ini. Awalnya pandemi Covid-19 melanda Wuhan China mencapai kematian sangat tinggi. Mengapa dikatakan Covid-19 karena melanda Wuhan China Desember 2019. Sehingga dikatakan pandemi Covid-19 Pemerintahan china tegas mengambil langkah lockdown dalam 3 bulan dari Januari sampai dengan Maret 2020 bisa diatasi.

Kemudian melanda negara Itali dan negara-negara lain bahkan negara Amerika merupakan Negara kuat pun tidak bias menghadang virus Corona yang sangat membahayakan. Sekitar awal Maret pandemik Covid-19 melanda negara kita Indonesia terjadi kegelisahan di sana sini. Ingat betul mulai 16 Maret sampai sekarang pembelajaran di semua lembaga dilakukan dengan sistem daring. Tenaga pengajar pegawai pemerintah harus bekerja dari rumah (WFH).

Dalam hal ini pandemi Covid-19 sebagai peringatan kita semua pastinya tidak semata mata hanya dampak buruknya saja akan tetapi ada sisi baiknya sebagai peringatan kita semua agar peristiwa ini sebagai pembelajaran hidup ke depan.

Peristiwa pandemik Covid-19 berakibat krisis ekonomi tiadak hanya di Indonesia akan tetapi terjadi di negara lain dan mendunia. Kita sangat prihatin dengan keadaan di negara kita pekerja perusahaan di rumahkan tidak mendapat pesangon kaum buruh kehilangan pekerjaan dan pedagang sepi. Oleh karena itu diharapkan masyarakat yang mampu bersikap peduli untuk bersedekah bagi yang membutuhkan.

Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka) memberi nasihat;

  1. Harta yang kamu makan akan menjadi kotoran
  2. Harta yang kamu simpan akan menjadi keributan dan warisan
  3. Akan tetapi harta yang kamu sedekahkan Insya Allah merupakan tabungan sepanjang masa yang paling abadi di akherat

Dari ketiga nasihat Buya Hamka dapat diambil kesimpulan lebih baik harta kita untuk disedekahkan.

Dengan demikian kondisi krisis ekonomi akibat pandemik Covid-19 berupaya penuh menengok utamanya di linkungan kita untuk berbagi jangan sampai ada tetangga kita yang kelaparan apalagi mendengar berita meninggal akibat kelaparan.

(Visited 179 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 18 Mei 2020
Close