Ditulis oleh 4:55 am KABAR

Kuliah Konstitusi Bersama Prof. Ni’matul Huda

Yayasan Abdurrahman Baswedan menyelenggarakan Kuliah Konstitusi yang diampu Prof. Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Senin, 11 November 2019

Yayasan Abdurrahman Baswedan menyelenggarakan Kuliah Konstitusi yang diampu Prof. Dr. Ni’matul Huda, SH., M.Hum Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Senin, 11 November 2019, di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan, Perumahan Timoho Asri IV, Yogyakarta. Kuliah Konstitusi merupakan salah satu agenda dari Program Kuliah Serial yang dilaksanakan Yayasan.

Kuliah Konstitusi ini akan berlangsung sebanyak empat pertemuan, setiap Senin sore. Pada pertemuan pertama Prof. Ni’matul memberikan paparan mengenai dasar-dasar konstitusi. Menurut Prof. Ni’matul, konstitusi merupakan suatu kumpulan asas-asas yang dalam penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan (dalam arti luas). Memuat pula hak-hak dari yang diperintah, serta mengatur hubungan antara pemerintah dan yang diperintah, menyangkut di dalamnya masalah hak asasi manusia.

Konstitusi hendaknya mencerminkan kehidupan politik di dalam masyarakat sebagai suatu kenyataan. Oleh karena itu mengandung pengertian politis dan sosiologis. Dalam pembentukan konstitusi sebuah negara, semua warga negara hendaknya dimintai pandangannya dan terlibat aktif.

Berikut merupakan paparan yang disampaikan Prof. Ni’matul Huda dalam pertemuan perdana Kuliah Konstitusi, Senin sore lalu. Kuliah Konstitusi akan dilanjutkan pada Senin, 18 November 2019, pukul 15.30 Wib di Sekretariat Yayasan Abdurrahman Baswedan.

Teori-Konstitusi-1

(Visited 404 times, 1 visits today)
Tag: , Last modified: 24 Februari 2020
Close