Ditulis oleh 2:49 pm KABAR

Lahan Sempit: Ruang Vertikal untuk Bertani

Cara menanam secara vertikultur di perkotaan dapat mengatasi masalah lahan sempit.

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah, oleh karena itu Indonesia disebut sebagai negara agraris. Hal ini dapat ditujukan dari banyaknya penduduk yang bekerja sektor pertanian. Pertanian merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia. Negara Indonesia mempunyai potensi dalam mengembangkan usaha sektor pertanian karena terletak di garis khatulistiwa dan merupakan wilayah tropis dalam mengembangkan usah sektor pertanian mempunyai perana penting dalam pembangunan perekonomian nasional.

Sektor pertanian ini juga merupakan sumber pekerjaan dan pendapatan bagi sebagian besar penduduk. Sektor pertanian terdiri dari beberapa sub sector, di antaranya tanaman bahan makanan, perternakan, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan holtikultura. Salah satu tujuan berusaha tani merupakan upaya untuk mendapatkan produksi, baik untuk tujuan konsumsi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk tujuan dijual dalam rangka meningkatkan pendapatan.

Pertanian lahan sempit ini dalam masyarakat perkotaan dapat dijadikan sarana untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan sumberdaya alam yang ada di kota dengan menggunakan teknologi tepat guna. Selain itu, masyarakat kota yang umumnya sibuk karena bekerja, pertanian perkotaan dapat menjadikan media untuk memanfaatkan waktu luang.

Mengoptimalkan penggunahan lahan sempit serta memanfaatkan waktu luang untuk beraktivitas dalam pertanian perkotaan akan mendapatkan mereka terhadap akses pangan serta menjaga keberlanjutan lingkunagan dengan adanya ruang terbuka hijau.

Salah satu pemanfaatan lahan sempit adalah dengan teknik budidaya vertikulasi atau hidroponik. Verkulasi atau hidroponik adalah sistem tanaman di dalam pot atau pralon yang disusun atau dirakit secara horizontal maupun vertikal atau bertingkat pada lahan yang terbatas atau halaman rumah. Cara menanam secara vertikultur di perkotaan dapat mengatasi masalah lahan sempit.

Lahan sempit memang membuat kekiatan berkebun jadi kurang leluasa, terutama di perumahan di perkotaan. Namun dengan pemanfaatan ruang secara vertikal, berkebun menjadi lebih menyenangkan dengan kuantitas yang ditingkatkan.

(Visited 60 times, 1 visits today)
Tag: , , Last modified: 9 Juni 2020
Close