Melawan Pandemi Covid-19 Dengan Semangat Kebersamaan dan Berbagi

Pandemi ini seharusnya dijadikan warga untuk bahu membahu agar dapat saling melengkapi, memberi dan terbiasa berbagi.

Covid-19 merupakan sebuah wabah dunia yang terlahir dari Negara China. Pandemi yang awalnya dianggap biasa saja akhirnya merajalela hingga banyak memakan korban jiwa. Terkadang rasa senang menghampiri ketika mendengar banyak pasien yang sudah pulih kembali. Di sisi lain, para tenaga medis yang sedang berjuang sering kali dikecewakan karena keadaan dan sikap pemerintahan.

Ternyata pandemi ini sungguh menakutkan bahkan menjadi perbincangan, tapi kehadirannya justru membawa pembelajaran. Secara pribadi, kita kembali diajarkan untuk hidup bersih dan sehat seperti usia balita. Di keluarga, kita dapat mengenal satu dengan yang lain secara lebih dalam agar dapat merasakan kenyamanan. Beranjak ke lingkungan masyarakat, pandemi ini seharusnya dijadikan warga untuk bahu membahu agar dapat saling melengkapi, memberi dan terbiasa berbagi. Ini pun dirasa belum cukup, karena pemerintah juga dituntut lebih transparan kepada rakyatnya.

Pandemi ini belum berlalu dan masih berjalan, di rumah saja kita bisa berdoa sembari diselimuti air mata, untuk meminta agar pandemi segera berakhir dan dapat beraktifitas seperti sedia kala. Doa ini senantiasa diikuti dengan usaha yang merupakan simbol perlawanan dan pencegahan terhadap pandemi yang sedang terjadi.

Hari ini, 20 Mei merupakan Hari Kebangkitan Nasional. Tidak saja kita memperingatinya hanya sebatas seremonial, tapi melantangkan semangat adalah tugas kita sepanjang hayat. Oleh karena itu, sudah saatnya bangsa yang besar karena manusianya ini, harus terus mengobarkan semangat juang untuk aku, kamu, kita, dan juga mereka. Masih banyak hal yang dapat kita lakukan hari ini untuk esok hari. Membuat kepastian-kepastian kecil bukanlah hal yang tidak mungkin. Kita harus bangkit, optimis dan yakin kita pasti bisa!

(Visited 97 times, 1 visits today)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Official Website YAYASAN ABDURRAHMAN BASWEDAN Dikelola oleh Sekretariat ©2020