Ditulis oleh 8:35 am KALAM

Meneladani Jejak Kehidupan Nabi SAW

”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasûlullâh itu SURI TAULADAN yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allâh.” (QS. al-Ahzâb : 21)

Dalam sebuah riwayat dituturkan bahwa suatu hari, tatkala UMAR bin khatthab bertandang ke rumah Rasulullah SAW. Ia mendapati Rasulullah SAW sedang rebahan (tidur) di atas tikar yang terbuat dari pelepah kurma.

Terlihat jelas bekas tikar pada tubuh Rasul. UMAR tidak kuasa menahan butiran air matanya…

Rasulullah bertanya,
”Ada apa dengan dirimu wahai Umar ?”

Umar menjawab, ”Wahai utusan Allah, engkau adalah makhluk Allah yang TERBAIK dari segala makhluk-Nya. Engkau adalah Nabi terluhur di antara segenap Nabi-Nya.

Sementara para Kaisar dan para Raja hidup enak dan mewah di Istana megah masing-masing, keadaan Engkau sungguh sangat memprihatinkan sebagaimana yang aku saksikan sekarang.”

Rasulullah lantas mengambil sikap duduk. Tampak jelas rona wajah beliau berubah merah padam…

Kemudian, beliau berkata tegas, ”APAKAH engkau ragu dengan janji Allah wahai Umar?”

Setelah diam beberapa saat, Rasul berkata kembali, ”MEREKA ADALAH KAUM YANG DISEGERAKAN KENIKMATAN (kesenangan) MEREKA DALAM KEHIDUPAN DI DUNIA INI.”
(HR. Bukhari)

Dalam riwayat lain…. ”Apakah engkau tidak rela dijadikan untuk mereka kenikmatan dunia, sedangkan untuk kita kenikmatan akhirat.”

UMAR menjawab, Tentu aku rela wahai utusan Allah.”

Rasulullah SAW kemudian berkata kepada UMAR, ”Maka, lantunkan sanjung puji kepada Allah SWT.”

(Visited 40 times, 1 visits today)
Tag: Last modified: 12 Mei 2020
Close