24.1 C
Yogyakarta
16 September 2021
BENTARA HIKMAH
KALAM

Mengelola Waktu dan Ruang Untuk Hal Yang Bermakna Dalam Kehidupan

Seseorang yang bertanggung jawab dapat memahami nilai waktu dan menggunakannya secara efektif dan efisien

Seseorang yang bertanggung jawab harus mampu mengatur dan memahami nilai waktu dan menggunakan waktu secara efektif. Orang dapat menetapkan tujuan jangka pendek, seperti membuat daftar nama prestasi dan juga tujuan jangka panjang, seperti apa jenis pekerjaan yang dia ingin miliki setelah menjadi orang dewasa. Orang bekerja dengan tekun untuk mencapai tujuan dan kepuasan yang diinginkannya. Untuk itu, kita harus dapat membuat manajemen waktu yang efektif.

Kita harus dapat memilih menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang menginspirasi dan mengaktualisasi diri tentang hal yang positif. Oleh karena itu,  kita harus dapat memberikan semangat, menikmati, serta memastikan bahwa diri kita dapat menggunakan waktu dengan penuh arti. Bilamana perlu kita harus memiliki buku harian atau jurnal, berupa catatan bagaimana dalam kita menggunakan waktu sehari-hari. Apakah waktu sepenuhnya digunakan untuk permainan, sibuk melakukan komunikasi di group WA, fb, atau fwitter yang tanpa guna ataupun menghabiskan waktu yang kurang produktif di depan layar TV atau HP yang kita miliki.

Baca juga: Bukdikdamber, Metode Urban Farming Agar Tetap Produktif Selama Pandemi Covid-19

Banyak perencana menggunakan kalender bulanan di mana Anda dapat merekam gambaran dari kewajiban mendatang dan acara, seperti pekerjaan kecil mengatur lingkungan rumah yang bersih ataupu pekerjaan lain yang dianggap perlu dalam aktivitas sehari-hari di luar pekerjaan rutin kedinasan lainnya. Sebuah kertas atau perencana elektronik bisa menjadi alat manajemen waktu yang berguna. Perencana juga akan memiliki bagian mingguan dan harian untuk memasukkan informasi rinci lebih lanjut. Kita dapat menulis daftar “to-do” harian dan diletakan di tempat yang sangat terlihat. Kita dapat memutuskan hal-hal yang paling penting dan menentukan prioritas ini dengan memberikan daftar nomor pada setiap item, dengan menulis nomor 1 untuk yang paling mendesak dan prioritas. Marilah kita gunakan waktu kita untuk hal yang positif dan bermakna dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat memenfaatkan secara efektif dan efisien.

Seseorang akan sukses dalam pekerjaan diawali bagaimana cara menata ruangan yang rapih dan teratur

Cara lain adalah dengan mengatur ruangan kita sehingga tidak membuang waktu mencari alat yang kita butuhkan untuk ditempatkan pada tempat yang telah diatur sedemikian rupa. Dipastikan setiap kita beraktifitas menggunakan alat bahwa alat itu sudah tersimpan rapi di tempat semula. Itu bagian hal yang sangat penting agar jika akan menggunakan alat tidak akan dibingungkan dengan mencari alat-alat yang tidak dikembalikan pada tempatnya. Kita harus bisa membuang atau mendaur ulang apa yang tidak diperlukan untuk memperkecil dokumen yang tidak kita butuhkan. Namun, pada saat Anda menambahkan dokumen harus dapat mempertimbangkan kembali apa yang kita simpan terakhir kali, maka membenahi seluruh ruangan adalah hal lain untuk dilakukan. Kita bertanggung jawab kepada orang tua dengan cara menjaga daerah anda di rumah bersih dan juga mengambil tanggung jawab untuk barang-barang anda sendiri.

Baca juga: Ikhtiar dan Ikhlas Seorang Muslim dalam Melawan Covid-19

Jika mungkin ingin meminta bantuan kepada seorang untuk membantu mengatur  barang-barang yang kita perlukan dan miliki maka harus terkendali dengan baik agar tidak terjadi salah tempat. Hal itupentingkarena jika dokumenyang meletakkan orang lain kita akan dipusingkan melakukan memory mencari jika sewaktu kita membutuhkannya. Berikut adalah metode membenahi sederhana: dalam satu tumpukan, tempatkan barang-barang yang kita cintai pada tumpukan yang mudah kita lihat dan barang-barang dokumen lainnya pada tempat terpisah untuk menjaga kesemrawutan. Selanjutnya membuang atau mendaur ulang barang-barang yang rusak dan tidak dapat digunakan. Dalam tumpukan lain, kita dapat menempatkan pakaian yang masih dalam kondisi baik tetapi kekecilan atau tidak dipakai dalam satu tahun untuk bisa kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan agar dalam tumpukan tersususn secara rapih menempatkan item yang tidak lagi digunakan atau diinginkan. Dengan cara ini, semoga kita mendapatkan manfaat tambahan dengan mengambil tanggung jawab kepada orang lain.

Menempatkan alat-alat dan barang-barang pada tempatnya disusun dengan rapih merupakan bagian paling sederhana dalam memulai pekerjaan yang lebih teratur dan  terukur. Kita tidak akan disibukkan dengan mencari alat yang kita butuhkan tetapi alat tersebut berpindah tempat entah kemana. Untuk itu, memanfaatkan waktu dan ruang merupakan sebagian dari awal sukses dalam suatu pekerjaan.

Related posts

BENTARA HIKMAH
MEDIA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA