Mengingat dari Sudut Pandang Orang Ketiga Mengubah Cara Otak Memprosesnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Mengambil ingatan adalah proses aktif yang dapat membiaskan dan bahkan mengubah ingatan kita.

Pernahkan anda mengingat suatu kejadian melalui foto? Atau ada seseorang yang mengingatkan anda pada kejadian lama? Suatu studi terbaru mengatakan bahwa mengadopsi atau melihat dari pengamatan sudut pandang orang ketiga ketika mengingat masa lalu mengaktifkan berbagai bagian dari otak daripada mengingat sendiri ingatan yang dilihat melalui mata kita sendiri.

Peneliti mengatakan bahwa perspektif seseorang ketika mengingat mengubah wilayah otak yang mendukung memori tersebut dan bagaimana wilayah otak ini berinteraksi satu sama lain.

Secara khusus, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mengingat dari sudut pandang pengamat, alih-alih melalui mata anda sendiri, mengarah pada interaksi yang lebih besar antara hipokampus anterior dan jaringan medial posterior.

Peneliti juga menambahkan bahwa penemuan ini berkontribusi pada perkembangan penelitian yang menunjukkan bahwa mengambil ingatan adalah proses aktif yang dapat membiaskan dan bahkan mengubah ingatan kita.

Mengadopsi atau mengambil perspektif layaknya pengamat melibatkan melihat masa lalu dengan cara baru, yang membutuhkan interaksi yang lebih besar di antara wilayah otak yang mendukung kemampuan untuk mengingat rincian memori dan untuk menciptakan kembali gambaran mental di mata pikiran kita.

Mengadopsi perspektif layaknya seorang pengamat juga dapat berfungsi sebagai terapeutik. Hal ini mungkin merupakan cara yang efektif untuk mengatasi ingatan yang mengganggu dengan melihat masa lalu dari kejauhan dan mengurangi intensitas emosi yang dirasakan.

Karya ini didasarkan pada penelitian peneliti sebelumnya tentang perspektif visual dalam memori, yang menemukan bahwa perspektif dari mana kita mengingat sebuah memori dapat memengaruhi cara kita mengingatnya dari waktu ke waktu. (Disadur dari situs sciencedaily)

Narantaka Jirnodora

Narantaka Jirnodora

Terbaru

Ikuti